SOLOPOS.COM - Ilustrasi aneka sayuran kaya serat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui sejumlah makanan yang bisa mencegah datangnya sembelit. Sebagaimana diketahui gangguan ini bisa bikin perut tidak nyaman. Untuk menjaga kesehatan pencernaan simak ulasannya di info sehat kali ini.

Ketika terasa ingin buang air besar namun kotoran tidak kunjung keluar, membuat tubuh terasa tidak nyaman. Penyebab sembelit ini kurang asupan serat pada tubuh sehingga proses pencernaan yang tidak berjalan dengan lancar dan menyebabkan kotoran susah dikeluarkan.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Untuk menghindari masalah tersebut diperlukan serat yang cukup, minum air putih, serta olahraga rutin. Beberapa makanan kaya serat dapat dikonsumsi untuk menghindari munculnya masalah tersebut.

Dikutip dari verywellhealth.com pada Senin (5/2/2024), berikut ini sejumlah makanan yang dapat membantu mencegah sembelit:

1. Buah beri

Buah beri merupakan salah satu makanan terbaik untuk sembelit karena tinggi serat dan kandungan air.
Beri adalah sumber yang kaya serat larut, ini membentuk gel pada saluran pencernaan Anda sehingga menambahkan massa pada tinja dan membuatnya lebih lembut.

Buah beri juga mengandung serat tidak larut pada bijinya dan kulitnya, yang mana membantu makanan bergerak melalui usus lebih cepat sehingga menghindari sembelit.

Rasberi sangat baik untuk meredakan sembelit. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 25-30g serat setiap harinya, dan setara dengan 8g serat dari satu cangkir rasberi.

Beberapa beri lain yang dapat dimakan yaitu:
-Blackberry
-Blueberry
-Strawberry
-Cranberry

2. Sayur-sayuran

Sayuran juga merupakan makanan untuk mencegah sembelit.  Sayuran ialah sumber terbaik serat makanan dan memiliki sifat laksatif lain yang dapat menghindarkan kotoran menjadi terlalu keras dan susah keluar. Meski tak terlihat, tapi sayur mengandung banyak air.

Meski mengonsumsi sayuran mentah merupakan hal yang bagus, namun mengonsumsinya setelah dikukus, direbus, panggang, dan tumis juga tetap bisa mendapatkan kaya serat dan nutrisi penting lainnya dari sayuran. Beberapa sayuran yang memiliki serat tinggi yang dapat mencegah sembelit seperti brokoli, bunga kubis, wortel, terong, kacang polong, daun kubis dll.

3.Beras cokelat

Beras cokelat ialah bahan pokok untuk diet di seluruh dunia dengan alasan yang bagus. Ini merupakan salah satu makanan terbaik untuk sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi.  Tidak seperti beras putih yang kehilangan lapisan kulit dan bijinya selama proses penyaringan, beras cokelat yang tidak diolah kembali sehingga mempertahankan seluruh kandungan seratnya.

Satu cup beras cokelat yang dimasak setara dengan sekitar tiga gram serat. Masak beras cokelat dengan beberapa sayuran yang dimasak untuk hidangan kaya serat yang lezat.

4.Oats

Selain menjadi salah satu makanan terbaik untuk mencegah sembelit, oats juga merupakan sumber daya energi penting berupa vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung kesehatan usus.  Oats memiliki keunikan yang mengejutkan dan sangat serbaguna.

Cara paling sederhana untuk mengonsumsinya adalah dengan membuat bubur oat, namun Anda juga dapat menyertakan oats dalam kukusan makanan, roti buatan sendiri, bahkan bakso.
Satu cup oat yang dimasak mengandung sekitar 4 gram serat. Ketika membeli oat, carilah oat utuh, biji oat, dan dedak oat untuk mendapatkan kandungan serat yang maksimal.

5.Kacang kedelai

Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang paling umum dikonsumsi dalam bentuk tahu. Mereka juga digunakan sebagai pengganti daging dalam berbagai makanan berbasis sayuran. Satu cup kedelai setara dengan 17 gram serat, yang membuatnya menjadi salah satu makanan terbaik untuk sembelit.

Memasak atau merebus kedelai tidak akan merusak kandungan seratnya.  Namun sayangnya, meminum susu kedelai tak dapat membantu dikarenakan hampir seluruh serat kedelai telah terbuang selama proses pembuatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya