SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kue lapis legit sudah tak asing lagi di lidah indonesia. Kue berlapis dengan cita rasa manis legit ini memang cocok dinikmati di segala suasana. Meski bukan asli dari belanda, kue lapis legit adalah hasil kreasi atau pengembangan kue asal Negri Kincir Angin yang disebut Spekkoek atau kue lapis Batavia.

Seperti dilansir www.wikipedia.org. Spekkoek atau lapis legit adalah sejenis kue yang terbuat dari adonan tepung dan telur. Umumnya spekkoek berwarna kuning dan coklat. Spekkoek dapat dihias dan dihidangkan sebagai kue tart untuk acara-acara tertentu.

Promosi Beri Dampak Nyata, Holding UMi Tingkatkan Inklusi & Literasi Keuangan Nasional

Pemilik usaha Roti Kurnia, Ali Irsyad, mengatakan pihaknya hanya khusus melayani pemesanan lapis legit. Ali mengaku tidak setiap hari memproduksi lapis legit.

“Pesanan lapis legit ramai kalau pas banyak acara pengantin. Enggak mesti sih. Kadang juga ada pesanan lapis legit yang akan dibawa untuk oleh-oleh. Sering sekali lapis legit di bawa ke Jakarta dan Palembang,” kata Ali saat ditemui Espos di tempat usahanya di Gambiran RT 001 RW 001, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Kamis (13/12).

Di Roti Kurnia, satu loyang lapis legit dibanderol harga Rp100.000 dan biasanya dijadikan 100 potong. Jumlah lapisan pada lapis legitnya bisa mencapai 13 lapisan. Jika jumlah lapisan terlalu banyak akan berpengaruh kepada lamanya membuat lapis legit.

Menurut Ali, bahan utama membuat lapis legit yaitu terigu, telor, mentega dan gula pasir. Dia tidak memakai pengawet pada produknya dan tidak menggunakan air. Bahan tambahan lainnya adalah kopi mocca dan backing powder.

“Yang bikin awet gula pasirnya. Lapis legit saya tahan sekitar dua pekan. Saya juga berusaha menggunakan bahan-bahan yang kualitasnya bagus. Misalnya untuk backing powder ada yang satu kilogram Rp3.000. Tapi, saya memakai yang Rp 22.000 Begitu juga dengan menteganya benar-benar yang berkualitas,” tambah Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya