SOLOPOS.COM - Hari Kebangkitan Nasional (Biropemerintahan.bantenprov.go.id)

Solopos.com, SOLO — Dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang pada 2023 jatuh pada esok hari Sabtu, 20 Mei 2023, biasanya masyarakat Indonesia menuliskan ucapan yang terdiri dari kata-kata penuh semangat.

Setiap 20 Mei, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional atau lebih dikenal dengan Harkitnas. Secara historis, Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei sebenarnya merupakan hari lahirnya sebuah organisasai bernama Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 atau 37 tahun sebelum Indonesia merdeka.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Kala itu, 9 Mahasiswa STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen) mendirikan Budi Utomo untuk memperjuangkan kesetaraan pendidikan bagi kaum pribumi atau rakyat jelata agar mendapat hak mendapatkan pendidikan yang sama dengan kaum priyayi atau elite. Budi Utomo kemudian melahirkan tokoh-tokoh sejarah seperti Goenawan Mangoenkoesoemo, Latumeten, dan Soetomo.

Setelah Indonesia merdeka, Presiden RI ke-1, Soekarno menetapkan 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional tepatnya pada 1948 di DI Yogyakarta. Nah, untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2023, kamu bisa menuliskan ucapan yang terdiri dari kata-kata penuh semangat berikut ini dari Solopos.com. 

Ucapan atau Kata-kata Hari Kebangkitan Nasional 2023

  1. Janganlah melihat ke masa depan dengan mata tertutup! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2023.
  2. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2023, mari bangkit dari segala keterpurukan dan bangkit untuk terus maju agar berguna bagi bangsa dan negara.
  3. Setegak apa negeri ini bangkit, setegak hasrat semangatmu tak mampu tergoyah tuk meng-Indonesia. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2023.
  4. Berhenti beromansa bangsa Indonesia adalah bangsa pejuang, lakukan saja perjuangan itu dgn tindakan nyata. Berkarya nyata! Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2023.
  5. Bila kita punya kepercayaan diri dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, akan begitu banyak kreativitas bisa diciptakan. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2023.
  6. Jangan sampai kekuasaan yang ada memburamkan dan mengaburkan jejak-jejak sejarah bangsa ini demi kepentingan golongan tertentu. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2023.
  7. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2023. Ayo kita bangkit dari segala keterpurukan dan semangat terus untuk membangun Indonesia menjadi lebih sejahtera dan makmur.
  8. Di Hari Kebangkitan Nasional ini, jadilah generasi muda yang selalu tangguh untuk mengharumkan nama Indonesia. Bangkit karena kita bangsa yang tangguh.
  9. Selamat kuucapkan pada Tanah Airku Indonesia! Selamat Hari Kebangkitan 2023 bangsaku! Semoga ini bukan lagi sekedar seremonial belaka!
  10. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2023, jadilah penggerak seperti Budi Utomo, wahai pemuda!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya