SOLOPOS.COM - Hari Peringatan Pemberontakan G30S PKI. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Untuk memperingati Hari Pemberontakan G30S PKI pada Jumat (30/9/2023), biasanya masyarakat Indonesia menuliskan kata-kata berisikan ucapan penuh makna di media sosialnya masing-masing. Ucapan tersebut bertujuan untuk tidak lupa dengan peristiwa bersejarah pada 1965 tersebut.

Gerakan 30 September 1965/PKI atau dikenal dengan G30S PKI bertujuan menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno dan menginginkan pemerintahan Indonesia menjadi pemerintahan komunis. Gerakan 30S PKI dipimpin oleh DN Aidit. Dia diketahui gencar memberikan hasutan kepada seluruh masyarakat supaya mendukung PKI dengan iming-iming Indonesia akan lebih maju dan sentosa.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Dalam pergerakannya, gerakan ini dimulai dari Jakarta dan Yogyakarta, gerakan tersebut mengincar Dewan Jendral dan Perwira Tinggi. Awal mulanya, hanya bermaksud menculik dan membawa para Jendral dan perwira tinggi ke Lubang Buaya. Namun, ada beberapa prajurit Cakrabirawa yang memutuskan untuk membunuh Dewan Jendral dan perwira tinggi. Jendral yang dibantai oleh PKI, di antaranya Jendral Ahmad Yani dan Karel Satsuit Tubun.

Untuk memperingati Peristiwa G30S PKI, diperintahkan untuk memasang Bendera Indonesia setengah tiang sebagai wujud penghormatan atas peristiwa tersebut dan Pahlawan Revolusi yang berkorban demi Bangsa dan Negara Indonesia. Selain mengibarkan bendera setengah tiang, masyarakat Indonesia juga bisa menuliskan ucapan untuk memperingati Hari Pemberontakan G30S PKI yang berisikan kata-kata penuh makna berikut ini dari Solopos.com.

Ucapan Hari Peringatan G30S PKI

  1. Di Hari Peringatan Pemberontakan G30S/PKI yang bersejarah ini, mari jadikan momen penting untuk refleksi diri, belajar dari masa lalu, dan membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.
  2. Selamat Hari Peringatan Pemberontakan G30S PKI, Mari masyarakat Indonesia menjaga perdamaian, toleransi, dan persatuan dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Jangan sia-siakan pengorbanan jiwa dan raga para pahlawan di masa lalu. G30S PKI menjadi bukti kejamnya PKI. Jangan biarkan PKI hidup kembali di bangsa tercinta Indonesia.
  4. Mari berdoa untuk pahlawan revolusi, korban dari kebiadaban pemberontakan PKI. Mari mengheningkan cipta sejenak untuk memperingati peristiwa kejam G30S PKI.
  5. Gerakan 30 September 1965 oleh PKI adalah penyiksaan pahlawan sejati yang telah membela negeri. Semoga mereka diberikan tempat yang mulia di sisi-Nya.
  6. Selamat Hari Peringatan Pemberontakan G30S PKI. Mari warga Tanah Air untuk terus menjaga keadilan, persamaan, dan persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  7. Di Hari Peringatan Pemberontakan G30S PKI ini, mari tingkatkan semangat gotong royong dalam memajukan bangsa dan negara.
  8. Dalam memperingati Hari Peringatan Pemberontakan G30S PKI ini, mari kita tingkatkan pemahaman tentang sejarah bangsa dan nilai-nilai persatuan yang dijunjung tinggi.
  9. Kami masyarakat Indonesia menolak lupa kekejaman PKI pada G30S PKI. Mari lebih waspada dan menjaga kesatuan Republik Indonesia yang dicintai ini.
  10.  Tegas! Mari katakan tidak untuk PKI. Tidak ada tempat PKI untuk hidup di Indonesia.

Demikian ucapan untuk memperingati Hari Pemberontakan G30S PKI pada 30 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya