SOLOPOS.COM - Ilustrasi sakit perut. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Musikus Ardhito Pramono diketahui mengidap maag akut, apakah penyakit ini berbahaya atau tidak? Untuk lebih peduli terhadap kesehatan pencernaan, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sebagaimana diketahui Ardhito Pramono pingsan saat tampil di sebuah acara di Medan, Sumatra Utara. Belakangan diketahui pelantun lagu Sudah itu mengidap maag akut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Gastritis akut adalah kondisi saat lapisan lambung mengalami peradangan yang timbul secara mendadak. Jika Anda mengalami kondisi ini, Anda akan merasakan sakit di bagian perut yang umumnya bersifat sementara.

Maag akut bisa berbahaya jika didiamkan dan terus-menerus berulang. Hal ini lantaran kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lambung.

Keluhan yang muncul mendadak dan memburuk dengan cepat disebut kondisi akut. Salah satu kondisi akut yang dapat terjadi adalah maag akut atau gastritis. Maag akut terjadi karena adanya kerusakan pada lapisan lambung, sehingga asam lambung mengiritasi lambung

Namun jika penyakit kronis tidak kambuh dalam waktu yang lama, kemudian suatu saat kembali kambuh, keluhan ini dapat dianggap bersifat akut meski penyakit yang mendasarinya bersifat kronis.

Setelah mengetahui apakah maag akut berbahaya atau tidak, berikutnya ketahui sejumlah pemicunya sebagai berikut seperti dikutip dari alodokter.com pada Senin (13/2/2023):

1. Infeksi bakteri H. pylori

Bakteri H. pylori merupakan jenis bakteri yang dapat ditemukan pada saluran cerna. Bakteri ini kerap menyerang dan menyebabkan gangguan berupa peradangan pada lapisan lambung.

2. Penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid dan kortikosteroid

Obat-obatan antiinflamasi nonsteroid dan kortikosteroid juga seringkali menjadi penyebab terjadinya maag akut. Efek samping obat-obatan ini memang umumnya menyerang saluran pencernaan.

3. Konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada lambung dan menyebabkan maag akut.

Selain karena tiga hal di atas, maag akut juga bisa dipengaruhi oleh beberapa kondisi lain yang jarang terjadi, seperti penyakit autoimun, infeksi virus, gagal ginjal, penyakit Crohn, atau sarcoidosis. Beban pikiran atau stres juga dinilai dapat memicu timbulnya keluhan ini akibat produksi asam lambung berlebih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya