SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita hamil. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya asam folat. Hal ini dikarenakan asam folat merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil.

Asam folat dibutuhkan oleh ibu hamil karena memang zat ini mendukung pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Tapi sebenarnya, zat ini sangat penting dan kita membutuhkannya setiap hari. Folat adalah bentuk alami vitamin B9 yang dapat Anda temukan dalam makanan, baik nabati maupun hewani.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Vitamin yang larut dalam air ini memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh. Secara khusus, ini mendukung pertumbuhan janin yang tepat, mengurangi risiko cacat lahir, dan membantu pembelahan sel darah merah yang sehat. Folat membantu membentuk DNA, RNA, dan terlibat dalam metabolisme protein.

Karena sangat bermanfaat untuk janin di dalam kandungan, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya asam folat. Jenis asam folat ini ditemukan dalam makanan buatan, buah-buahan, maupun sayuran.

Berikut ini daftar makanan yang kaya asam folat, dikutip dari laman Alodokter.com.

Makanan Kaya Asam Folat

1. Buah-buahan

Buah-buahan yang kaya akan asam folat terdiri dari jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali. Selain itu, ada juga alpukat, pepaya, pisang, jambu biji, nangka, salak, dan buah naga.

2. Makanan Buatan

Makanan buatan yang kaya asam folat ada banyak, seperti roti, sereal, dan pasta yang telah difortifikasi atau ditambahkan asam folat. Untuk mengetahui ada tidaknya asam folat, ibu hamil bisa membaca label kemasan makanan.

3. Sayuran

Sayuran yang kaya akan asam folat juga ada banyak, namun paling banyak pada sayuran hijau. Beberapa di antaranya, bayam, kale, selada, kol, brokoli, hingga asparagus.

4. Kacang-kacangan

Makanan yang kaya asam folat selanjutnya ada kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, dan kacang tanah.

5. Tinggi Protein

Selain empat makanan tersebut, ada beberapa penganan tinggi protein yang juga kaya asam folat, seperti hati sapi, daging merah, hati ayam, hidangan laut, dan telur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya