SOLOPOS.COM - Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah makanan pengganti nasi yang bisa jadi alternatif solusi kala harga beras sedang naik atau mahal. Bahkan bahan pangan ini disebut lebih sehat dibandingkan beras. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Bagi kebanyakan orang Indonesia, belum makan nasi artinya belum makan. Padahal, ada beberapa kondisi di mana seseorang seharusnya membatasi asupan nasi, misalnya pengidap diabetes. Sebagai alternatif, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Nyatanya, pilihan bahan pangan sumber karbohidrat mudah untuk ditemukan. Malahan, beberapa jenis asupan tersebut diketahui memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan beras. Ada kentang hingga ubi jalar.

Nah, untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat di saat harga beras mahal, kamu bisa mencoba konsumsi beberapa jenis makanan pengganti nasi berikut ini dikutip dari berbagai sumber pada Selasa (13/2/2024):

1. Kentang

Kentang sering diandalkan sebagai makanan pengganti nasi. Kedua makanan ini sama-sama mengandung karbohidrat, tetapi kentang memiliki lebih banyak nutrisi penting. Dalam satu buah kentang, terkandung vitamin B6, C, kalium, protein, omega-3, omega-6, dan zat besi.
Selain itu, kentang juga memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Konsumsi kentang juga bisa memberi rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan. Hal itu bisa membantu mengontrol berat badan, bahkan menurunkan berat badan.

2.Jagung

Jagung juga merupakan salah satu makanan pengganti nasi. Bahan pangan ini ini ternyata juga bisa menyumbang sejumlah nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Jagung memiliki kandungan vitamin B1, B3, B5, dan B9 (folat). Bahan pangan ini juga kaya akan kandungan serat, magnesium, vitamin C, dan fosfor.

3.Ubi

Nasi juga bisa diganti dengan ubi. Ada banyak cara untuk mengolah makanan yang satu ini, bisa direbus, dikukus, atau digoreng. Ubi juga bisa dicampur dengan bahan makanan lainnya. Ada beragam nutrisi dalam ubi, mulai dari beta-karoten, vitamin A, B6, C, kalium, dan serat yang tinggi. Dengan beragam nutrisi tersebut, ubi bisa membantu menjaga kesehatan tulang, metabolisme, hingga kesehatan jantung.

4.Singkong

Singkong juga merupakan salah satu makanan pengganti nasi. Tidak sulit untuk mendapatkan singkong. Selain memiliki rasa yang enak, singkong juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Kandungan gizi yang ada pada singkong mirip dengan kentang.

Namun, singkong mengandung zat kimia glikosida sianogen yang dapat melepaskan sianida dalam tubuh. Agar lebih aman, pastikan untuk membersihkan singkong dengan benar sebelum dikonsumsi. Hal ini penting untuk mencegah keracunan sianida.

5. Shirataki

Shirataki adalah alternatif makanan pengganti nasi yang bisa kamu coba. Dikutip dari frisianflag.com pada Selasa (13/2/2024), shirataki tampak seperti mi dan terbuat dari glucomannan yang berasal dari tanaman konnyaku. Shirataki sering dikonsumsi masyarakat Jepang dan rendah kalori, hanya mengandung sekitar 85 gram kalori di setiap porsinya.

6. Kembang kol

Meski tergolong sayuran, namun kembang kol juga bisa bikin kenyang. Sayuran ini mengandung karbohidrat dan kalori yang lebih rendah daripada nasi putih. Nasi kembang kol bisa dibuat dengan memotong bagian bunganya lalu diparut dan dikukus selama 5 menit. Kandungan kalorinya sekitar 57 gram saja.

7. Brokoli

Brokoli bisa direbus atau dikukus karena rendah kalori juga. Kandungan seratnya adalah 2 gram dan memiliki kandungan vitamin C, sehingga kebutuhan vitamin harian Anda bisa tercukupi.

8. Kubis

Makanan pengganti nasi lainnya adalah kubis. Kandungan kalori dan karbohidrat pada kubis cukup rendah. Jenis makanan punya rasa yang cenderung ringan dan bisa disajikan dengan beragam sayuran atau lauk lainnya. Kubis juga mengandung vitamin K bisa mencukupi 68% kebutuhan harian tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya