SOLOPOS.COM - CEO SpaceX Elon Musk seusai meresmikan layanan Starlink di Puskesmas Pembantu Sumerta Klod Denpasar, Minggu (19/5/2024). (Antara/Ni Putu Putri Muliantari)

Solopos.com, JAKARTA – Pengusaha kaya asal Amerika Serikat, Elon Musk datang ke Bali meresmikan bisnis layanan internet miliknya, Starlink, Minggu (19/5/2024).

Dalam kesempatan itu, Elon Musk yang juga bos X (Twitter) dan mobil listrik Tesla tersebut menggunakan batik lengan panjang berwarna dominan hijau. Ternyata batik ia gunakan adalah batik Bomba dari Sulawesi Tengah. Ini juga bukan kali pertama Elon Musk menggunakan batik Bomba tersebut. Sebelumnya, ia juga pernah menggunakan batik hijau saat berbicara secara virtual dalam KTT Bussiness 20 (B20) dalam forum resmi G20.

Promosi BRI Ranking 1 Indonesia & Ke-4 Asia Tenggara Versi Fortune Southeast Asia 500

Elon Musk waktu itu mendapatkan kiriman batik asal Palu itu untuk dipakai saat B20 Summit. Kenapa pilih batik dari Palu? Alasannya adalah Palu menjadi sumber nikel terbesar di Indonesia. Sebab, nikel digunakan untuk pembuatan mobil listrik yaitu baterai.

Tesla yang merupakan mobil listrik tentu saja membutuhkan nikel dari Indonesia. Dikutip Bisnis dari Jurnal Taylor & Francis, Senin (20/5/2024), makna simbolik pada batik Bomba adalah menggambarkan harmonisasi alam, komunikasi simbolik, dan masyarakat tradisi Sulawesi Tengah.

Ini 5 makna dan filosofi yang terkandung dalam Batik Bomba:

  1. Kesederhanaan dan Keanggunan

Pola-pola dalam batik Bomba sering kali sederhana, anggun, serta mencerminkan kesederhanaan hidup masyarakat Sulawesi Tengah yang tetap menjaga keanggunan dan keindahan dalam keseharian mereka. Batik ini juga sering digunakan saat acara-acara sukacita.

  1. Harmoni dengan Alam

Motif-motif pada batik Bomba banyak yang terinspirasi dari alam sekitar, seperti flora dan fauna lokal. Ini melambangkan hubungan harmonis masyarakat dengan alam serta penghargaan mereka terhadap lingkungan.

  1. Simbol Keberanian dan Kekuatan

Beberapa motif dalam batik Bomba menggambarkan elemen-elemen yang mencerminkan keberanian dan kekuatan, sesuai dengan karakteristik masyarakat Sulawesi Tengah yang terkenal tangguh dan pemberani.

  1. Kearifan Lokal

Setiap motif dalam batik Bomba memiliki cerita dan filosofi tersendiri yang diwariskan dari generasi ke generasi. Ini mencerminkan kearifan lokal dan pengetahuan tradisional yang kaya, yang terus dilestarikan oleh masyarakat.

  1. Identitas Budaya

Batik Bomba adalah salah satu ekspresi identitas budaya masyarakat Sulawesi Tengah. Melalui batik ini, mereka mengekspresikan kebanggaan mereka terhadap warisan budaya dan sejarah daerahnya, sekaligus berusaha menjaga dan mempromosikan kekayaan budaya ini kepada dunia luar. Batik Bomba bukan hanya sekadar kain dengan pola indah, tetapi juga merupakan media untuk menyampaikan nilai-nilai budaya, sejarah, dan filosofi hidup masyarakat Sulawesi Tengah.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Lagi, Elon Musk Pakai Batik Bomba dari Daerah Nikel Terbesar di Indonesia”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya