SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum air hangat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Minum air hangat saat perut kosong ternyata juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Dilansir dari Express, Dokter Kunal Sood menyarankan untuk menambahkan segelas air panas ke dalam makanan harian Anda. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Secara khusus, meminumnya saat perut kosong akan memberikan manfaat paling besar.  “Ada tiga alasan mengapa Anda harus mulai minum air putih saat perut kosong,” ujarnya.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Berikut manfaat minum air hangat saat perut kosong dikutip dari Bisnis.com pada Selasa (16/1/2024):

– Membantu pencernaan
– Tingkatkan metabolisme Anda
– Meningkatkan sirkulasi dan aliran darah.

“Nomor satu akan meningkatkan pencernaan Anda”, kata Dr Sood. “Teorinya adalah air hangat akan membantu Anda melarutkan makanan yang biasanya sulit Anda cerna.

Ada juga penelitian bahwa air hangat membantu sembelit. Penelitian yang dirujuk oleh Dr Sood ini diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology Nursing pada tahun 2016.

Ditemukan bahwa minum air bersuhu 37 derajat C memiliki dampak baik pada pergerakan usus dan mengurangi perut kembung. Metabolisme Anda adalah proses mengubah makanan menjadi energi untuk menggerakkan fungsi tubuh.  Oleh karena itu, kecepatan metabolisme Anda berpengaruh pada seberapa mudah Anda menambah atau menurunkan berat badan.

“Air hangat untuk sementara dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda.  Ini karena tubuh Anda akan bekerja untuk membawa air hangat ke suhu tubuh Anda. Peningkatan ringan pada laju metabolisme ini dapat membantu saat Anda mencoba membakar kalori,” ujarnya.

Air hangat juga akan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah. “Ini karena minum air hangat akan melebarkan pembuluh darah Anda.”

Namun, ia mengingatkan air yang diminum tidak boleh “terlalu panas”.  “Penting untuk memastikan airnya tidak terlalu panas untuk menghindari potensi luka bakar,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Manfaat Minum Air Hangat Saat Perut Kosong, Sudah Tahu Belum?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya