SOLOPOS.COM - Ilustrasi mata merah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Subvarian terbaru virus Covid-19 XBB.1.16 atau Arcturus dapat membuat beberapa orang mengalami mata merah, sebuah gejala yang tidak ditemukan pada jenis virus corona sebelumnya. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Profesor penyakit menular di Vanderbilt University di Tennessee William Schaffner, M.D., kepada Everyday Health mengatakan XBB.1.16 memiliki satu mutasi tambahan pada protein spike dibandingkan dengan XBB.1.5.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Mutasi dilaporkan membuat varian baru jauh lebih menular daripada jenis lainnya. Ditambah lagi, varian ini juga memiliki manifestasi klinis baru berupa konjungtivitis.

“Ini lebih mungkin daripada varian Omicron lainnya untuk menghasilkan demam, dan menghasilkan konjungtivitis (mata merah), terutama pada anak-anak. Sejauh ini, mata merah tampak bertahan beberapa hari hingga sepekan,” kata Schaffner seperti disiarkan Medical Daily dan dikutip dari Antara pada Kamis (20/4/2023).

Konjungtivitis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan pembengkakan konjungtiva yakni lapisan tipis dan transparan dari jaringan yang menutupi bagian putih mata, menurut American Optometric Association.

Ada tiga penyebab umum mata merah yaitu alergi, infeksi, dan bahan kimia. Kemerahan yang ringan sering disertai dengan rasa gatal dan adanya cairan bening.

Kendati jadi salah satu gejala, Schaffner meragukan mata merah bisa menjadi cara utama persebaran Covid-19 subvarian Arcturus. Tetapi dia mengingatkan bahwa virus dapat sampai ke ujung jari dan menjadi lebih menular, maka hal ini dapat menyebabkan lebih banyak penularan, terutama pada anak-anak.

“Jika mata Anda merah, gatal, dan menurut Anda itu alergi atau hanya pilek, lakukan tes Covid-19 untuk memastikannya,” ujar Komisaris Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago Dr. Allison Arwady kepada NBC5.

Dia mengatakan, vaksin Covid-19 masih memberikan perlindungan untuk semua varian Omicron.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya