SOLOPOS.COM - Ilustrasi menginap di hotel kapsul. (Antara)

Solopos.com, SOLO-Menginap di hotel kapsul tentu memberikan pengalaman berbeda dibandingkan hotel konvensional, karena itu ketahui tipsnya supaya enggak salah langkah. Harga kamarnya memang sangat terjangkau, namun ada hal lain pula yang harus jadi perhatian kamu.

Hotel kapsul yang berawal dari Jepang untuk memfasilitasi para pekerja lembur itu kini telah dijumpai di banyak negara. Bahkan tempat penginapan model ini disukai para backpacker lantaran harga terjangkau dan tempat itu menyediakan apa yang mereka butuhkan yaitu tempat tidur dan atap untuk berteduh.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Nah, agar acara traveling berjalan lancar, perhatikan tips menginap di hotel kapsul berikut ini seperti dikutip dari bobobox.co.id pada Senin (21/2/2022):

1. Tidak Memiliki Riwayat Klaustrofobia

Tips pertama saat kamu memutuskan untuk menginap di hotel kapsul adalah pastikan kamu tidak memiliki riwayat Klaustrofobia. Klaustrofobia sendiri merupakan fobia terhadap ruang sempit. Secara umum, bentuk hotel kapsul yang menyerupai ‘lemari es’ sehingga tidak terlalu memberikan ruang gerak lebih. Kondisi ini tentunya akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kamu yang menderita klaustrofobia.

Baca Juga: Kenali Plus Minus Menginap di Hotel Kapsul

Walaupun demikian, tidak semua hotel kapsul benar-benar sesempit yang kamu bayangkan. Bobobox, sebagai contoh, bisa menampung hingga 2 orang dewasa dan 1 orang anak-anak. Ada pula hotel kapsul yang menyediakan tempat tidur susun lengkap dengan tirai yang bisa menjadi alternatif lainnya.

2 Perhatikan Jenis Kamar

Hotel kapsul sendiri biasanya menjadi akomodasi penginapan yang tepat bagi kamu yang menginginkan liburan dengan bujet minimalis. Sebelum benar-benar memutuskan untuk menginap, perhatikan jenis kamar yang ditawarkan oleh hotel kapsul yang kamu akan inapi.

Hal ini cukup penting mengingat beberapa hotel kapsul menyediakan kamar untuk tamu pria dan wanita dalam satu kamar yang sama atau mixed room. Di Indonesia sendiri, jenis kamar ini biasanya dipilih oleh pasangan suami istri. Sehingga, cukup banyak yang merasa kurang nyaman jika pria dan wanita berada dalam satu kamar yang sama khususnya tamu wanita. Jadi, pilihlah jenis kamar yang memang dikhususkan baik untuk pria dan wanita agar kenyamanannya tetap terjaga selama menginap. Apalagi jika kamu seorang solo traveler.

3. Cek Fasilitas dan Ulasan dari Hotel Kapsulnya

Selanjutnya, selain memerhatikan jenis kamar, kamu pun harus mengecek fasilitas dan ulasan terkait hotel yang kamu pilih. Karena termasuk ke dalam akomodasi penginapan yang terjangkau, terkadang ada beberapa fasilitas di hotel biasa yang disunat demi memenuhi harga yang relatif terjangkau.

Baca Juga: Serba-Serbi Hotel Kapsul: Berawal dari Jepang Menyebar ke Dunia

Biasanya, banyak hotel kapsul yang sudah memiliki situs mandiri sehingga kamu bisa mengecek fasilitas yang ditawarkan mulai dari loker, kamar mandi yang bersih, keamanan, dan lainnya. Untuk ulasan, kamu bisa dengan mudah menemukannya di internet dari orang yang sudah pernah menginap.

4. Bawa Perlengkapan Mandi Sendiri

Kamu yang baru pertama kali berencana untuk menginap di hotel kapsul, tips kali ini patut kamu perhatikan dengan baik. Jika di hotel biasa, perlengkapan mandi akan disediakan oleh pihak hotel di mana kamu menginap. Sehingga kamu pun tidak perlu repot-repot untuk membawa perlengkapan mandi sendiri.

Berbeda halnya dengan hotel kapsul, walaupun tidak semua, tipe hotel ini tidak menyediakan perlengkapan mandi untuk kamu gunakan saat kamu menginap di sini. Oleh karenanya, bawalah perlengkapan mandimu sendiri. Beberapa perlengkapan mandi utama yang harus kamu bawa diantaranya adalah sampo kemasan (sachet) dan sabun cair yang sudah kamu tempatkan pada wadah untuk ukuran berpergian, sikat gigi, dan handuk untuk jaga-jaga.

5. Usahakan Untuk Tetap Tenang

Dengan ukuran dan banyaknya kamar yang disediakan oleh hotel kapsul menandakan bahwa hotel tersebut termasuk sharing accommodation. Jadi saat kamu menyewa sebuah kamar, tidak serta merta kamu berada sendirian di area tersebut. Banyak orang lain yang berada di sekitar kamarmu sehingga penting rasanya untuk berusaha untuk tetap tenang selama berada di kamarmu.

Baca Juga: Ada-Ada Saja, Pengunjung Solo Ini Pilih Hotel Kapsul karena Takut Hantu

Kalaupun kamu ingin sekali untuk mengobrol dengan temanmu atau menelpon seseorang, manfaatkanlah ruang tamu atau ruangan khusus yang memang disediakan oleh pihak hotel. Sehingga, aktivitas yang kamu lakukan tidak mengganggu orang lain yang sedang beristirahat.

6. Pandai Mengatur Waktu Mandi

Tips selanjutnya pada daftar kali ini adalah sebisa mungkin untuk mengatur waktumu ke kamar mandi secara efektif. Selain berbagi satu akomodasi dengan orang lain, kamar mandi yang disediakan pun ditujukan untuk digunakan bersama-sama dengan tamu lain yang menginap.

Apabila kamu memiliki kebiasaan yang kurang baik saat berada di kamar mandi khususnya durasi yang kamu butuhkan saat mandi atau buang air besar, sebaiknya kamu tinggalkan sejenak saat menginap di hotel kapsul. Tak salah jika manajemen waktu yang baik akan sangat penting untuk kamu terapkan di sini sehingga kamu dan tamu lainnya tetap merasa nyaman.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Hotel Kapsul untuk Staycation di Jakarta

Tak hanya itu, karena kamar mandinya yang berada di luar kamar tidurmu, pastikan juga untuk menyiapkan baju ganti untuk kamu bawa saat kamu berniat untuk mandi. Satukanlah baju ganti tersebut dalam satu wadah dengan perlengkapan mandimu agar tidak membuatmu ribet dan tidak tercecer ke mana-mana.

7. Jaga Barang Pribadimu

Saat kamu menginap, tentu kamu tidak ingin kehilangan barang pribadi apalagi yang tergolong barang berharga. Biasanya pihak hotel menyediakan loker beserta kuncinya. Kamu bisa memanfaatkan loker tersebut untuk menyimpan barang pribadimu seperti tas ransel atau koper.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya