SOLOPOS.COM - Ilustrasi menderita gangguan ISPA. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Memasuki musim pancaroba pada Oktober 2023, masyarakat harus waspada karena terdapat beberapa penyakit yang rentan menyerang kesehatan seseorang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) menyatakan sebagian wilayah Jawa Tengah (Jateng) telah memasuki masa pergantian musim atau pancaroba. Koordinator Informasi dan Observasi Stasiun BMKG Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Giyarto, mengatakan mengatakan daerah yang telah memasuki musim pancaroba berada di bagian pegunungan tengah, sebagian Jateng selatan dan sebagian Jateng barat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Musim peralihan antara kemarau ke penghujan ini bisa ditandai dengan angin kencang, hujan tak menentu yang datang tiba-tiba dalam waktu singkat, udara terasa panas dan cuaca tiba-tiba terik, serta arah angin tidak teratur.

Nah, memasuki musim pancaroba ini, masyarakat juga harus waspada karena terdapat beberapa penyakit yang rentan muncul. Mengutip laman resmi Siloam Hospitals, berikut beberapa jenis penyakit di musim peralihan kemarau ke penghujan yang bisa menyerang anak hingga dewasa.

Penyakit di Musim Pancaroba

  • Influenza

Penyakit yang rentan muncul saat musim pancaroba adalah influenza. Penyakit satu ini jangan dianggap remeh, apalagi jiak terjadi pada anak di bawah dua tahun karena bisa menimbulkan komplikasi berbahaya.

  • ISPA

Anak-anak, terutama balita rentan mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), apalagi di musim pancaroba saat ini. Biasanya ISPA muncul disertai sejumlah gejala antara lain demam, badan meriang, nyeri tenggorokan yang menyebabkan sakit ketika menelan, nyeri otot, batuk, mata kemerahan, dan pilek.

  • Demam Berdarah

Selain influenza dan ISPA, penyakit yang juga rentan muncul saat musim pancaroba adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi virus dengue. Penyakit ini seringkali terjadi pada awal memasuki musim penghujan, hal ini dikarenakan jenis nyamuk Aedes aegypti berkembang dengan cepat pada musim tersebut.

  • Diare

Diare juga menjadi salah satu penyakit yang rentan muncul saat musim pancaroba tiba. Sehingga sangat penting untuk menjaga kebersihan, makanan yang dikonsumsi, serta lingkungan.

Dianjurkan untuk menjaga kebersihan makanan, serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya