SOLOPOS.COM - Ilustrasi air minum Cheers. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Banyaknya jenis air minum dalam kemasan yang beredar, membuat masyarakat makin akrab dengan jenis air minum termasuk air minum pH tinggi.

Apalagi jika dilihat pascapandemi lalu, masyarakat makin peduli dengan pilihan dan kulitas air minumnya. Nah, bagi yang memilih air minum pH tinggi untuk dikonsumsi sehari- hari, perhatikan hal-hal ini ya.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

1. Tingkat pH Air

Meski air minum pH tinggi ini mengandung pH yang lebih tinggi dari air mineral biasanya, perhatikan juga tingkat pH-nya. Jika terlalu tinggi bisa menimbulkan efek samping yang disebut alkalosis metabolik.

Biasanya gejala yang timbul adalah mual, muntah hingga kesemutan di ekstremitas atau wajah. Badan Pengawas Obat Makan (BPOM) menyarankan air minum pH tinggi yang aman dikonsumsi ada di angka pH 8-9.

2. Terdaftar di BPOM dan SNI

Banyaknya jenis air minum pH tinggi membuat masyarakat harus lebih jeli. Jangan termakan campaign-campaign gelap di pasaran. Pastikan air minum pH tinggi yang dikonsumsi aman dan terdaftar di BPOM ya.

3. Jeli Akan Kandungan TDS

TDS atau total dissolved solids menunjukkan jumlah zat padat terlarut dalam air. Ini bisa menjadi indikator jumlah partikel dari zat organik maupun nonorganik yang ada di di dalam air minum tersebut, contohnya natrium, kalsium, dan magnesium yang biasa ditemukan dalam air minum pH tinggi.

Menurut WHO kandungan mineral tersebut tidak berbahaya selama tidak memengaruhi rasa, bau, dan warna air. WHO menetapkan standar kandungan TDS dalam air mineral.

  • 0, air dengan TDS 0 tidak baik untuk dikonsumsi secara rutin karena dapat memicu gangguan kesehatan, seperti sembelit dan sesak napas.
  • Kurang dari 300 mg/l yang dikategorikan sebagai air yang baik sekali dan bisa dikonsumsi secara terus-menerus.
  • 300?600 mg/l yang masih tergolong aman untuk dikonsumsi secara rutin.
  • 600?900 mg/l, masih tergolong bisa diminum karena kandungan mineralnya tidak mempengaruhi rasa air.
  • 900?1.200 mg/l tergolong tidak layak dikonsumsi karena rasa air menjadi kurang enak.
  • Lebih dari 1.200 mg/l sudah termasuk air yang berbahaya dikonsumsi dan memiliki rasanya juga tidak enak.
Air minum Cheers
Ilustrasi air minum Cheers. (Istimewa)

4. Rasa dan Warna Air

Ciri air minum yang baik dan aman dikonsumsi adalah tidak berasa, tidak berbau, dan tidak berwarna. pH air yang terlalu tinggi kadang menyebabkan rasa air berubah. Untuk itu perhatikan benar-benar rasa air minum tersebut.

Cheers Alkaline Powered dengan pH up to 8.5 bisa menjadi pilihan sehat, aman, dan tepat dikonsumsi sehari-hari. Selain manfaat pH tinggi yang dimiliki, Cheers Alkaline memiliki pH yang dianjurkan oleh BPOM.

Untuk TDS airnya pun masih kurang dari 300 mg/l, yang mana tergolong air yang baik sekali untuk dikonsumsi terus-menerus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya