SOLOPOS.COM - Rayyanza Malik Ahmad (Instagram @raffinagita1717)

Solopos.com, SOLO — Banyak yang penasaran dengan apa itu adenovirus setelah Rayyanza alias Cipung yang merupakan putra bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina terserang penyakit tersebut.

Nagita Slavina mengatakan Rayyanza sempat panas tinggi dengan suhu hingga 40 derajat selama dua hari. Akhirnya dia memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit. Kemudian, Rayyanza pun dirontgen untuk mengetahui penyebab panas tinggi tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Ternyata hasilnya ada radang paru karena kena virus yang namanya adenovirus,” ujar Gigi di kanal Youtube Rans Entertainment.

Menurut penjelasan dokter yang menangani Rayyanza, demam karena adenovirus bisa bertahan hingga sepekan. Oleh karena itu, adik dari Rafathar itu harus diopname hingga sembuh. Terkait hal tersebut, apa sih itu adenovirus yang menyerang Rayyanza?

Mengutip penjelasan di laman Hellosehat.com, adenovirus merupakan kelompok virus yang bisa menyebabkan infeksi di saluran pernapasan atas, saluran pencernaan, mata, hingga sistem saraf. Meskipun bisa mengakibatkan berbagai penyakit infeksi, adenovirus lebih sering menimbulkan berbagai gangguan pernapasan seperti penyakit mirip flu, radang tenggorokan, dan pneumonia.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun paling sering terjadi pada anak-anak, terutama yang masih berusia di bawah lima tahun. Infeksi akibat adenovirus bisa menimbulkan dampak yang lebih serius pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, termasuk lansia, orang dengan gangguan imun, dan penderita penyakit kronis.

Setelah mengetahui apa itu adenovirus seperti dialami Rayyanza, lalu apa saja sih gejala dari penyakit ini?

Seseorang yang terpapar adenovirus akan mengalami bersin dan hidung berair, batuk, demam, mata merah, sakit tenggorokan, peradangan di paru-paru, diare, mual, muntah, dan nyeri perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya