SOLOPOS.COM - Belinda, pemenang MasterChef Indonesia Season 11. (Instagram/masterchefina)

Solopos.com, SOLO — Baru-baru ini publik dibuat penasaran dengan apa itu chindo lantaran istilah tersebut viral di media sosial setelah Grand Final MasterChef Indonesia Season 11.

Hasil Grand Final MasterChef Indonesia (MCI) Season 11 dianggap penuh dengan kontroversi karena Belinda berhasil menjadi juaranya dan mengalahkan Kiki. Netizen menganggap Kiki lebih pantas menjadi juara dalam ajang memasak tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kemenangan Belinda itu pun memunculkan istilah chindo. Hal ini juga ada kaitannya dengan pemenang MasterChef Indonesia dari season 1 hingga 11, di mana rata-rata pemenangnya adalah chindo.

Lalu, apa sih sebenarnya itu chindo?

Mengutip penjelasan Dinda Haje di Quora.com, chindo merupakan istilah untuk Warga Negara Indonesia (WNI) keturunan China. Jika diartikan, chindo merupakan gabungan kata dari China dan Indonesia.

Sebetulnya istilah chindo ini viral bukan kali ini saja. Di media sosial X dan TikTok, banyak netizen yang membuat unggahan tentang chindo. Bahkan, tagar chindo di X pada Selasa (28/11/2023) masuk menjadi trending topic dengan jumlah cuitan lebih dari 42.000.

Istilah chindo yang membuat heboh publik gegara Grand Final MasterChef Indonesia Season 11 membuat William Gozali yang merupakan pemenang MCI Season 3 ikut bersuara. Melalui InstaStory di akun Instagram miliknya, pria yang biasa disapa Willgoz ini menyebut MasterChef Indonesia murni kompetisi dan tidak diatur seperti tudingan netizen.

“Jadi soal menanggapi pemenang MasterChef itu dari awal sampai sekarang chindo, jujur gue enggak peduli walaupun gue chindo ya. Karena the way see it dan waktu gue di sana ya memang pure competition gitu loh enggak ada yang di-setting enggak ada yang di apa,” ujar dia.

Terkait pemenang MasterChef Indonesia selalu chindo, dia pun mempunyai alasannya sendiri. “Ini mungkin ya, gue bisa salah juga. Karena majority kontestan MasterChef adalah, so far yang gue lihat ya, yang chindo punya background culinary school. Sedangkan yang bukan chindo, jarang yang punya background culinary school. Sorry banget, enggak bermaksud apapun tapi levelnya agak berbeda,” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya