SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengalami gangguan kecemasan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Muhammad Panji atau yang lebih dikenal sebagai Panji Petualang tengah menjadi sorotan publik lantaran mengaku mengalami gangguan kecemasan berupa takut meninggal, gangguan apa itu? Untuk menjaga kesehatan mental, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Panji diketahui mengidap diabetes sejak beberapa bulan lalu, selain itu dia juga mengalami anxiety disorder atau gangguan kecemasan berlebihan karena takut akan kematian. Bahkan gara-gara anxiety disorder ini dirinya harus berkonsultasi ke psikiater.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Meski dihantui dengan hal-hal negatif, Panji Petualang mengatakan bahwa dirinya saat ini perlahan-lahan melawan rasa takut terhadap kematian dengan mengubah pola pikir nya selama ini ke arah yang lebih positif untuk mencegah kambuhnya gangguan kecemasannya tersebut dan ia juga memilih memasrahkan hidupnya kepada Tuhan di tengah penyakit yang dideritanya.

Lalu apa itu yang dimaksud dengan gangguan kecemasan?  Melansir dari Cleveland Clinic pada Senin (21/8/2023),  gangguan kecemasan atay anxiety disorder dapat muncul ketika si pengidap merasa cemas atau gugup jika harus mengatasi masalah di tempat kerja, mengikuti tes, atau membuat keputusan penting. Gejala gangguan kecemasan dapat dimulai selama masa kanak-kanak atau remaja dan berlanjut hingga dewasa.

Mengutip dari Mayo Clinic pada Senin (21/8/2023), berikut beberapa gejala gangguan kecemasan yang paling umum:

1. Merasa gugup, gelisah atau tegang
2. Memiliki rasa bahaya, kepanikan, atau malapetaka yang akan datang
3. Memiliki detak jantung yang meningkat
4. Bernapas dengan cepat (hiperventilasi)
5. Berkeringat
6. Gemetaran
7. Merasa lemah atau lelah
8. Kesulitan berkonsentrasi atau memikirkan hal lain selain kekhawatiran saat ini
9. Mengalami kesulitan tidur
10. Mengalami masalah gastrointestinal (GI)
11. Mengalami kesulitan mengendalikan rasa khawatir
12. Memiliki dorongan untuk menghindari hal-hal yang memicu kecemasan

Karena setiap orang pasti pernah mengalami perasaan cemas, khawatir, dan takut maka setiap orang pun dapat mengidap gangguan kecemasan, namun faktor genetik dan lingkungan dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena gangguan kecemasan.

Untuk makin mengenal apa itu gangguan kecemasan, ketahui pula bahwa mereka yang pernah mengalami beberapa hal berikut ini akan jauh lebih mudah terkena  anxiety disorder:

1. Memiliki kepribadian tertentu, seperti rasa malu atau hambatan perilaku lainnya, merasa tidak nyaman dengan orang lain, seringkali menghindari orang, situasi tertentu, atau lingkungan yang tidak dikenal.
2. Pernah mengalami kejadian yang membuat dirinya stres atau traumatis ketika masih anak-anak atau bhakan saat sudah dewasa.
3. Ada keluarga yang mengidap gangguan kecemasan juga atau sedang mengidap kondisi kesehatan mental lainnya.
4. Kondisi fisik tertentu, termasuk masalah tiroid dan aritmia jantung (irama jantung yang tidak biasa).

Para peneliti mengatakan bahwa gangguan kecemasan akan lebih mudah menyerang para Kaum Hawa. Namun, hingga saat in para peneliti masih mempelajari mengapa hal itu dapat terjadi. Ada kemungkin gangguan kecemasan berasal dari hormon wanita, terutama yang berfluktuasi sepanjang bulan. Hormon testosteron mungkin berperan juga dan dapat mengurangi kecemasan akan tetapi hormone ini jauh lebih banyak dimiliki oleh pria. Ada pula kemungkinan bahwa wanita cenderung tidak sadar atau enggan mencari pengobatan, sehingga gangguan kecemasannya memburuk.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya