SOLOPOS.COM - Ilustrasi seseorang dengan alter ego. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Istilah alter ego barangkali sudah tidak asing lagi di telinga, lalu apakah arti istilah tersebut? Apakah ada perbedaannya dengan kepribadian ganda? Simak ulasannya di tips kesehatan mental kali ini.

Manusia memiliki begitu banyak cara untuk melindungi dirinya dari situasi yang sulit dan penuh tekanan. Salah satu bentuk perlindungan tersebut adalah membentuk kepribadian lain alias alter ego.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Lantas, apakah memiliki kepribadian lain adalah suatu hal yang normal? Lalu bagaimana Anda sebaiknya menyikapinya?

Arti alter ego adalah karakter atau identitas kedua yang secara sadar dibentuk oleh seseorang untuk memudahkannya dalam menjalani situasi tertentu. Karakter tersebut sering kali merupakan gambaran ideal tentang diri mereka yang tidak bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, kepribadian lain ini mungkin masih memiliki kesamaan dengan kepribadian utama seseorang, tetapi lebih ideal.  Kepribadian yang lebih berani, pintar, dan tangguh itulah yang akan membuat seseorang dengan alter ego lebih siap menghadapi tantangan.

Setidaknya hal itulah yang dilakukan oleh beberapa penyanyi, sebut saja Beyonce dan Adele. Keduanya mengaku memiliki kepribadian lain yang akan keluar saat di panggung sehingga membuat mereka tampil lebih baik.  Kepribadian lain Beyonce yang ia sebut dengan Sasha Fierce memiliki karakter pemberani. Sementara itu, Beyonce sendiri mengaku bahwa sebenarnya ia merupakan seseorang yang pemalu.

Setelah tahu arti alter ego, ketahui pula perbedaannya dengan kepribadian ganda. Dikutip dari hellosehat.com pada Sabtu (24/6/2023), sekilas, alter ego mungkin terdengar sama seperti gangguan kepribadian ganda atau dissociative identity disorder (DID).

Ini karena keduanya membuat seseorang memiliki karakter lain dalam dirinya. Padahal, alter ego memiliki beberapa perbedaan dengan DID.  Salah satu tanda dissociative identity disorder (DID) atau kepribadian ganda adalah ketika seseorang memiliki satu atau lebih kepribadian lain dalam dirinya.

Namun, orang-orang dengan DID tidak menyadari hal tersebut. Begitu kembali ke identitas utamanya, mereka juga sering kali tidak menyadari apa yang telah dilakukan oleh kepribadiannya yang lain.  Pada kasus DID, setiap kepribadian yang ada dalam diri seseorang mungkin memiliki ingatan, nama, usia, atau bahkan gender yang berbeda.

Hal tersebut tentu berbeda dengan alter ego yang terbentuk atas kemauan dan kesadaran atas kapan Anda harus kembali ke identitas utama.  Setelah meninggalkan karakter lain tersebut, Anda tetap akan mengingat apa yang telah terjadi atau Anda lakukan sebelumnya.

Beberapa orang yang memiliki alter ego mungkin tidak langsung menyadari keberadaan karakter lain di dalam dirinya. Mereka mungkin harus melalui banyak situasi sulit terlebih dulu dan berusaha keras untuk membentuk kepribadian yang menurutnya lebih ideal.

Agar makin mengenal arti alter ego, ketahui pula seiring proses pembentukan identitas baru tersebut, Anda mungkin akan mengalami tanda-tanda seperti berikut:

– Kepribadian yang berubah demi melakukan sesuatu yang dirasa tidak bisa dilalui, contohnya seperti Beyonce saat akan tampil atau seseorang yang jadi lebih berani ketika akan berbicara di depan umum.
– Mengeluarkan karakter lain dalam pikiran ketika sedang merasa kesepian atau butuh lawan bicara.
– Berdiskusi dengan “seseorang” di dalam kepala saat tidak bisa membuat keputusan yang sulit dengan tujuan mendapatkan petunjuk dari sana.
Kondisi seperti di atas sering kali membuat seseorang mengalami perubahan perilaku, pemikiran, dan sikap. Namun, seharusnya kondisi tersebut tidak bertahan selamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya