SOLOPOS.COM - Steve Harwell meninggal dunia lantaran gagal hati akut. (Instagram @smash_mouth_steve)

Solopos.com, SOLO-Steve Harwell yang merupakan salah satu pendiri band Smash Mouth meninggal dunia lantaran gagal hati akut, tak ada salahnya mengenal penyakit ini. Diketahui Steve Harwell meninggal dunia pada 4 September 2023 di usia 56 tahun. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Kabar duka ini telah dikonfirmasi oleh manajer band tesebut Robert Hayes dalam sebuah pernyataan kepada Rolling Stone bahwa “Steve Harwell meninggal dengan damai dan nyaman dengan dikelilingi keluarga dan teman-teman di sisinya.”

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Hayes juga menjelaskan ia memberikan penghormatan panjang kepada artis tersebut, yang merupakan andalan musik rock tahun sembilan puluhan dan meraih kesuksesan dengan banyak album dan single, menjual lebih dari 10 juta album dengan bandnya di seluruh dunia.

“Steve telah pensiun dari Smash Mouth selama dua tahun, dan band terus melakukan tur dengan vokalis baru Zach Goode,” kata Hayes, dilansir dari The Rolling Stone pada Rabu (6/9/2023).

Untuk mengenal gagal hati akut, ketahui terlebih dahulu definisi penyakit ini. Melansir dari Mayo Clinic  pada Rabu (6/9/2023), penyakit ini juga dikenal sebagai gagal hati fulminan merupakan kondisi ketika sebagian besar organ hati mengalami kerusakan yang mana membuat hilangnya fungsi hati yang dengan cepat, dalam hitungan hari ataupun pekan. Adapun fungsi organ hati antara lain membuang racun dari dalam tubuh, membantu proses penggumpalan darah, dan juga membantu tubuh melawan infeksi.

Kondisi ini biasanya diidap oleh orang yang tidak memiliki penyakit hati sebelumnya.  Penyakit ini paling sering disebabkan oleh virus hepatitis atau obat-obatan, seperti asetaminofen. Gagal hati akut lebih jarang terjadi dibandingkan gagal hati kronis, yang berkembang lebih lambat. Gagal hati akut juga dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk pendarahan dan peningkatan tekanan di otak.

Gejala gagal hati kerap kali terlihat layaknya kondisi medis lainnya, sehingga sulit untuk didiagnosis pada tahap awal. Bila kondisi organ hati makin memburuk, gejala yang lebih serius akan muncul.

Gejala pada gagal hati akut tersebut meliputi:
– Menguningnya kulit dan bola mata Anda (penyakit kuning)
– Nyeri di perut kanan atas
– Perut bengkak (asites)
– Mual
– Muntah
– Perasaan umum merasa tidak enak badan (malaise)
– Disorientasi atau kebingungan
– Kantuk
– Nafas mungkin berbau apak atau manis
– Tremor

Gagal hati disebabkan oleh kerusakan pada sel-sel di organ hati dan tidak mampu lagi berfungsi. Kerusakan tersebut dapat terjadi tiba-tiba atau berkembang dalam jangka panjang.

Agar semakin mengenal gagal hati akut, ketahui apa saja penyebabnya? Penyebab paling potensial terjadinya gagal hati akut ini meliputi:

– Overdosis asetaminofen atau lebih dikenal sebagai parasetamol.
– Terlalu sering konsumsi obat resep, termasuk antibiotik, obat antiinflamasi nonsteroid, dan antikonvulsan.
– Konsumsi suplemen herbal. Seperti kava, ephedra, kopiah, dan pennyroyal.
– Mengalami hepatitis A, B, dan E dan virus lainnya.
– Terpapar racun. Seperti tak sengaja mengkonsumsi jamur liar beracun Amanita phalloides. Terpapar karbon tetraklorida bahan kimia industri yang ditemukan dalam zat pendingin dan pelarut untuk lilin, pernis, dan bahan lainnya.
– Penyakit autoimun.
– Penyakit pembuluh darah di hati. Seperti sindrom Budd-Chiari.
– Penyakit metabolic. Seperti penyakit Wilson.
– Mengalami kanker.
– Infeksi berat (sepsis) dan syok
– Serangan panas atau heatstroke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya