SOLOPOS.COM - ILustrasi sakit perut. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar terhindar dari penyakit mematikan, tak ada salahnya mengenal apa itu kanker pankreas seperti diidap aktor veteran Korea Selatan Byun Hee-bong. Untuk menjaga kesehatan tubuh, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sebagaimana diketahui sang aktor pemeran drama Korea Selatan alias drakor My Too Perfect Sons itu meninggal dunia pada Senin (18/9/2023) dalam usia 81 tahun. Sang aktor diketahui mengidap kanker pankreas.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pada tahun 2018, Byun Hee Bong berbagi di variety show tvN What About My Age bahwa ketika dia mendapat tawaran untuk berakting di K-Drama terkenal Mr. Sunshine, dia memutuskan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan dirinya sehat. Ia mendapat diagnosis kanker pankreas melalui pemeriksaan kesehatan ini dan menjalani pengobatan selama setahun.

“Setelah di-casting, aku berpikir bahwa aku harus menjaga kesehatanku. Masih ada tempat bagiku untuk berguna. Jadi, saya pergi untuk pemeriksaan kesehatan… Jika bukan karena itu, itu akan menjadi akhir dari segalanya. Itu adalah kanker. Jika saya tidak melakukan pemeriksaan kesehatan pada saat itu dan tidak dicasting, saya tidak akan berada di sini hari ini,” ujarnya pada 2018 lalu dikutip dari koreaboo.com pada Selasa (19/9/2023).

Agar semakin mengenal apa itu kanker pankreas, ketahui terlebih dahulu definisinya yaitu sel kanker yang tumbuh pada jaringan pankreas. Jenis kanker ini bisa terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering menyerang orang yang berusia 55 tahun atau lebih.

Dikutip dari halodoc.com pada Selasa (19/9/2023), pankreas sendiri memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh, seperti memproduksi hormon glukagon dan insulin untuk menjaga kestabilan kadar gula darah pada tubuh. Selain itu, organ satu ini juga menghasilkan enzim yang berfungsi membantu tubuh untuk mencerna nutrisi pada makanan.

Kanker pankreas terjadi ketika sel pada pankreas tumbuh abnormal dan tidak terkendali. Stadium awal kanker ini sering tidak menunjukkan adanya gejala. Biasanya, gejala baru terlihat ketika sel kanker telah menyebar ke organ tubuh lainnya.

Kanker pankreas termasuk salah satu jenis kanker yang mematikan. Dari total kasus, hanya sekitar 9 persen pengidap yang mampu bertahan hidup hingga 5 tahun setelah didiagnosis memiliki penyakit ini.

Penyebabnya hingga kini masih belum diketahui secara pastinya. Meski demikian, terdapat beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang mengalami kanker satu ini, yaitu:

– Berusia 55 tahun atau lebih.
– Mengidap obesitas.
– Memiliki golongan darah A, B, dan AB.
– Mengidap diabetes, periodontitis, gingivitis, dan pankreatitis kronis.
– Mengidap hepatitis C, sirosis hati, batu empedu, dan infeksi bakteri Helicobacter pylori.
– Terdapat riwayat kelainan genetik yang bisa meningkatkan risiko mengidap kanker, seperti kanker payudara atau ovarium pada keluarga, riwayat pankreatitis, atau neurofibromatosis tipe 1.
– Mengonsumsi daging merah berlebihan.
– Kebiasaan buruk merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Untuk semakin mengenal kanker pankreas, ketahui pula gejalanya. Gejala penyakit ini pada stadium awal umumnya tidak begitu terlihat. Namun, seiring perkembangan sel kanker dan mencapai stadium lanjut, gejala yang muncul antara lain:

– Hilang nafsu makan.
– Penurunan berat badan tanpa sebab.
– Gatal pada kulit.
– Perut kembung.
– Mual dan muntah.
– Sembelit.
– Diare.
– Feses berwarna pucat.
– Urine berwarna gelap.
– Tubuh yang mudah lelah.
– Kulit maupun bagian putih mata atau sklera tampak menguning.
– Terjadi penggumpalan darah.
– Mengalami sakit perut yang menjalar hingga ke punggung.
– Demam dan menggigil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya