SOLOPOS.COM - Ilustrasi menyusui. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bagi ibu menyusui tak ada salahnya mengenal penyakit mastitis seperti yang diidap Ria Ricis, simak ulasannya di tips sehat kali ini. Sebagaimana diketahui istri Teuku Ryan itu memberikan pengakuan mengejutkan melalui kanal Youtubenya.

Adik Oki Setiana Dewi itu juga menceritakan gejala yang dia rasakan. “Kalo dari mataku ya aku tidak melihat radang. Aku tuh kayak hopeless gitu, aku udah pumping malem-malem aku udah kayak habis tenaga karena waktu itu aku udah sempat demam, batuk, dan pilek. Makanya aku sempat pakai masker. Terus payudara dalam keadaan nyeri. Setengah bengkak. Tapi itu udah tiga empat hari berturut-turut enggak sembuh-sembuh gitu,” bebernya dikutip dari kanal Youtube Ricis Official pada Rabu (7/9/2022).

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Meski dipompa, menurut ibu dari Moana itu, ASI yang keluar sedikit. Padahal biasanya saat pumping dia bisa menghasilkan satu botol full.

Baca Juga: Ria Ricis Mengalami Mastitis, Warganet Tulis Kalimat Penyemangat

Lalu apakah penyakit mastitis yang diidap Ria Ricis? Mengutip laman alodokter.com pada Rabu, mastitis adalah peradangan pada jaringan payudara. Kondisi ini kerap dialami oleh ibu menyusui sehingga mengganggu proses pemberian ASI kepada bayi. Oleh karena itu, langkah penanganan perlu dilakukan agar asupan nutrisi bayi tidak terganggu.

Mastitis merupakan salah satu keluhan yang sering terjadi selama masa menyusui. Kondisi ini sering kali membuat ibu menyusui merasa tidak nyaman dan kesulitan memberikan ASI karena payudara terasa sakit.

Tanda-Tanda Mastitis

Mastitis pada masa menyusui biasanya hanya terjadi pada salah satu payudara dan muncul secara tiba-tiba. Berikut ini adalah beberapa gejala mastitis yang harus diwaspadai:

Baca Juga: Bikin Penasaran, Siapa Nama Anak Teuku Ryan dan Ria Ricis?

– Payudara memar kemerahan
– Sering terasa gatal
– Terasa perih saat menyusui
– Terdapat benjolan menyakitkan
– Ukuran salah satu payudara lebih besar
– Puting payudara mengeluarkan nanah
– Sering merasa lelah
– Pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak atau leher
– Demam

Sebelum mengalami berbagai gejala di atas, Anda pun akan mengalami gejala yang menyerupai flu saat menderita mastitis. Setelah mengetahui penyakit mastitis yang diidap Ria Ricis ketahui pula pemicunya.

Baca Juga: Deretan Artis Hollywood Ini Lakukan Operasi Pengecilan Payudara

Infeksi pada payudara ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

1. Infeksi bakteri

Bakteri Staphylococcus dan Streptococcus agalactiae dapat menyebabkan infeksi pada jaringan payudara melalui luka di puting maupun saluran air susu. Biasanya, bakteri ini berasal dari mulut bayi dan permukaan kulit payudara.

2. Saluran ASI tersumbat

Mastitis juga bisa terjadi ketika saluran susu di payudara tersumbat karena adanya penumpukkan atau pengendapan sisa ASI. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi payudara.

Baca Juga: Berapa Berat Normal Payudara? Begini Cara Mengukurnya

Selain kedua penyebab di atas, beberapa faktor berikut juga bisa meningkatkan risiko terjadinya mastitis:

– Luka pada puting payudara
– Menyusui hanya dengan satu payudara
– Penggunaan bra yang terlalu ketat
– Kelelahan
– Kebiasaan merokok

Baca Juga: Bisakah Kanker Payudara Kambuh Seperti Dialami Olivia Newton-John?

– Kekurangan gizi
– Frekuensi menyusui tidak teratur
– Riwayat mastitis pada masa lalu
– Penggunaan implan payudara
– Sistem kekebalan tubuh yang lemah karena menderita penyakit tertentu, seperti diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya