SOLOPOS.COM - Peta Indonesia. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Di media sosial, Indonesia kerap disebut disamakan dengan negara Konoha, dan hal tersebut membuat publik penasaran kenapa alasannya?

Bagi netizen di media sosial, penggunaan istilah Konoha kerap untuk menggambarkan kondisi Indonesia dalam bentuk kritikan. Bahkan, saking banyaknya yang menggunakan istilah tersebut, Konoha beberapa kali kerap menjadi trending topic di media sosial X, yang dulu bernama Twitter.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Istilah tersebut juga ramai digunakan di tahun-tahun politik menjelang Pilpres 2024. Salah satunya adalah cuitan di bawah ini yang mengganti kata amin dan qobul dalam doa. “Qobul Qobul Kata Jubir PKS sejak kapan kata aminn digantikan dengan Qobul. Segitunya politik di Konoha? Saking takutnya kampanye AMIN doa dan harapan pun diganti Qobul Qobul,” tulis pengguna akun X @Kak_Icha_.

lembah harau konoha naruto
Konohagakure dalam seri anime atau komik Naruto. (naruto.fandom.com)

Terkait hal tersebut, kenapa sih Indonesia kerap disebut sama dengan negara Konoha?

Mengutip penelitian yang diterbitkan Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung, Konoha merupakan nama negeri di serial anime Naruto. Jumlah dan karakteristik pemimpin Konoha yang disebut Hokage, urutannya mirip dengan Indonesia. Adapun kemiripannya bisa disimak di bawah ini.

  1. Kesamaan Hokage I Senju Hashirama dengan Ir. Soekarno. Mereka dinyatakan sebagai tokoh pendiri, Soekarno mendirikan bangsa Indonesia dan Hashirama mendirikan Konoha. Keduanya dihormati atas usaha serta keberhasilanya dalam memerdekakan dan membentuk semua negara.
  2. Kesamaan Kohage II, Senju Tobirama dengan Soeharto. Dalam kepemimpinanya, kedua tokoh ini memiliki sejarah kebencian terhadap suatu klan/organisasi. Di dalam cerita serial Naruto digambarkan bahwa Tobirama membenci klan Uchiha. Begitu pula dengan Soeharto yang membenci keberadaan PKI.
  3. Kesamaan Hokage III, Sarutobi Hiruzen dengan BJ Habibie. Mereka disegani akan kejeniusan dalam kepemimpinanya. Begitu pula BJ Habibie yang dapat mengatasi krisis moneter pada 1997 dengan membenahi bank yang ada di Indonesia sehingga nilai dollar pada saat itu di kondisi terendah, yaitu sebesar Rp6.000.
  4. Kesamaan Hokage IV, Minato Namikaze dengan Gus Dur. Mereka rela berkorban demi negara. Dalam sejarahnya, Gus Dur rela melepas jabatanya demi Indonesia begitu pula dengan Minato rela gugur demi negara.
  5. Kesamaan Hokage V, Senju Tsunade dengan Megawati Soekarnoputri. Mereka terlahir sebagai cucu pemimpin pertama.
  6. Kesamaan Hokage VI, Hatake Kakashi dengan Susilo Bambang Yudoyono (SBY). Mereka merupakan mantan perwira militer.
  7. kesamaan Hokage VII, Uzumaki Naruto dengan Joko Widodo (Jokowi). Keduanya memiliki misi yang sama, yakni perdamaian. Dalam kepemerintahanya 2022, Jokowi membawa misi perdamaian Rusia – Ukraina. Begitu pula dengan Naruto membawa misi perdamaian umat Sinobi dalam serial animasinya.

Demikian alasan kenapa Indonesia kerap disebut sama dengan negara Konoha.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya