SOLOPOS.COM - Ilustrasi durian Musang King. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Banyak anggapan di masyarakat yang menyebut durian bisa bikin tekanan darah tinggi atau hipertensi. Padahal hal tersebut belum tentu terbukti secara medis maupun penelitian.

Buah yang memiliki aroma khas ini rasanya manis dan lezat sehingga banyak yang menyukai durian. Terdapat kandungan senyawa nutrisi, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan serat dari buah durian.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Selain itu, durian kaya akan kalium, zat besi, vitamin C dan vitamin B. Hal ini membuat durian memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seseorang, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sel darah merah, hingga menjaga kesehatan kulit.

Namun, ada pula yang menyebut buah durian bisa bikin darah tinggi atau hipertensi, benarkah demikian?

Diulas Solopos.com sebelumnya dan Sobatnestle.co.id, pendapat yang menyatakan bahwa durian menyebabkan darah tinggi hanyalah mitos. Sebab menurut ahli jantung di Rumah Sakit Davao Doctors, Bernard Chiew, mengonsumsi durian rupanya tidak memicu tekanan darah melonjak.

Dikutip dari laman Edge Davao, salah satu spesialis jantung terkemuka di Davao ini mengatakan tidak ada bukti yang menunjukkan durian dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Hal ini didukung oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Properties. Studi ini menyelidiki korelasi antara asupan durian dan peningkatan tekanan darah dan detak jantung pada pria sehat.

Para peserta mengonsumsi plasebo 250 gram atau 500 gram daging durian. Tekanan darah dan detak jantung diukur pada berbagai interval hingga 24 jam. “Tekanan darah sistolik dan diastolik tetap normal untuk kelompok yang diberi durian,” kata studi tersebut. “Namun, peningkatan signifikan dalam detak jantung diamati pada kelompok yang diberi 500 gram durian dalam waktu setengah hingga 2 jam. Asupan durian dalam jumlah sedang tidak mempengaruhi tekanan darah dan detak jantung pada individu yang sehat.”

Meski tidak terbukti bisa bikin tekanan darah tinggi atau hipertensi, mengonsumsi durian juga ada batasannya. Hindari mengonsumsi buah durian lebih dari 35 gram dalam satu kali makan atau sehari. 35 gram setara dengan dua biji durian, bukan dua buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya