SOLOPOS.COM - Ilustrasi menikah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Menikah di bulan Syakban banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Terkait hal tersebut, banyak yang penasaran tentang keistimewaan dan hukum menikah menjelang bulan Ramadan tersebut dalam ajaran Islam.

Dalam Islam, terdapat dua bulan yang disunahkan untuk menikah, yakni Syawal dan Safar. Anjuran menikah di bulan Syawal diperoleh dari hadis Sayyidah Aisyah berikut ini.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Dari Asiyah berkata, aku dinikahi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di bulan Syawal, dan beliau berhubungan denganku di bulan Syawal.” (HR. Muslim).

Sementara untuk anjuran menikah di bulan Safar didasari dari hadis berikut. “Sesungguhnya Rasulullah menikahkan putrinya, Fathimah dengan Ali di bulan Shafar pada 12 bulan awal sejak hijrah menuju Madinah.” (HR. al-Zuhri).

Lalu, bagaimana hukum menikah di bulan Syakban?

Mengutip penjelasan Nahdlatul Ulama dalam situs resminya, NU online, menikah di bulan kedelapan dalam kalender Hijriah ini banyak alasannya. Mulai dari mengharapkan keberkahan Syakban, bekal menuju Ramadan untuk menambah pundi-pundi pahala, momen akhir tahun bagi kalangan santri, kesepakatan keluarga atau kebetulan sesuai dengan kemampuan finansial, dan lain sebagainya.

Salah satu ulama Syafi’iyyah, Syekh Bahnasi, menyebut anjuran menikah di bulan Syawal dan Shfar berlaku apabila memungkinkan menikah di kedua bulan tersebut. Bila tidak memungkinkan, maka anjuran pelaksanaan menikah disesuaikan dengan waktu yang paling memungkinkan, misalnya saja di bulan Syakban.

“Dan Syekh Bahnasi, semoga Allah mengasihinya, juga menulis, sunah menikah di bulan Syawal, maksudnya bila memungkinkan menikah di bulan Syawal dan bulan-bulan lainnya secara seimbang. Maka bila ditemukan sebab menikah di selain bulan Syawal, maka hendaknya dilakukan di bulan tersebut,” bunyi keterangan Syekh Ali Syibramalisi dalam kitab Hasyiyah ‘Ala Nihayah al-Muhtaj.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya