SOLOPOS.COM - Ilustrasi gangguan mental. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Mantan kuasa hukum model Novi Amelia, Rendy A. Putra, mengatakan mantan kliennya pernah bercerita sering mendengar bisikan-bisikan, apakah itu termasuk gejala skizofrenia? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Skizofrenia adalah gangguan mental kronis dan parah yang mempengaruhi cara seseorang berpikir, bertindak, mengekspresikan emosi, memahami realitas, dan berhubungan dengan orang lain. Meskipun skizofrenia tidak umum seperti penyakit mental utama lainnya, ini bisa menjadi yang paling kronis dan melumpuhkan.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Bagaimana gejala awal skizofrenia?  Kondisi ini biasanya menunjukkan tanda-tanda pertama pada pria di akhir usia belasan atau awal 20-an tahun. Ini sebagian besar mempengaruhi wanita di awal 20-an dan 30-an. Periode ketika gejala pertama kali muncul dan sebelum psikosis penuh disebut periode prodromal. Itu bisa berlangsung berhari-hari, berpekan-pekan, atau bahkan bertahun-tahun. Gejala awal skizofrenia bisa sulit dikenali karena biasanya tidak ada pemicu khusus. Anda mungkin hanya melihat perubahan perilaku yang halus, terutama pada remaja. Ini termasuk:

Baca Juga: Model Majalah Dewasa Novi Amelia Dimakamkan di Kampung Halaman

– Perubahan nilai
– Penarikan sosial
– Sulit berkonsentrasi
– Emosi naik turun
– Sulit tidur

Mengutip webmd.com pada Kamis (17/2/2022), ada sejumlah gejala psikotik dan dapat mencakup:

1. Delusi

Ini adalah keyakinan yang salah, campur aduk, dan terkadang aneh yang tidak didasarkan pada kenyataan dan bahwa orang tersebut menolak untuk menyerah, bahkan ketika faktanya ditunjukkan. Misalnya, seseorang dengan delusi mungkin percaya bahwa orang dapat mendengar pikiran mereka, bahwa mereka adalah Tuhan atau iblis, atau bahwa orang sedang memikirkan atau berkomplot melawan mereka.

Baca Juga: Mengenal Skizofrenia, Gangguan Mental yang Diduga Diidap Novi Amelia

2. Halusinasi

Ini melibatkan sensasi yang tidak nyata. Mendengar suara adalah halusinasi yang paling umum pada orang dengan skizofrenia. Suara-suara itu mungkin mengomentari perilaku orang tersebut, menghina mereka, atau memberi perintah. Jenis yang kurang umum termasuk melihat hal-hal yang tidak ada, mencium bau aneh, memiliki rasa yang aneh di mulut Anda, dan merasakan sensasi pada kulit Anda meskipun tidak ada yang menyentuh tubuh Anda.

3. Catatonia

Dalam kondisi ini, orang tersebut mungkin berhenti berbicara, dan tubuhnya mungkin terpaku pada satu posisi untuk waktu yang sangat lama.

Ini adalah gejala positif skizofrenia yang menunjukkan bahwa orang tersebut tidak dapat berpikir jernih atau merespons seperti yang diharapkan. Contohnya meliputi:

– Berbicara dengan kalimat yang tidak masuk akal atau menggunakan kata-kata yang tidak masuk akal, sehingga menyulitkan orang tersebut untuk berkomunikasi atau mengadakan percakapan

Baca Juga: Peneliti: Kekerasan Seksual Berdampak pada Kesehatan Mental

– Bergeser dengan cepat dari satu pemikiran ke pemikiran berikutnya tanpa hubungan yang jelas atau logis di antara mereka
– Bergerak perlahan
– Tidak mampu membuat keputusan
– Menulis berlebihan tapi tanpa makna
– Lupa atau kehilangan sesuatu
– Mengulangi gerakan atau gerakan, seperti mondar-mandir atau berjalan berputar-putar
– Memiliki masalah dalam memahami pemikiran, suara, dan perasaan sehari-hari

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya