SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Dalam Islam terdapat niat puasa Ramadan untuk sebulan penuh, kira-kira bagaimana bunyinya?

Salah satu hal yang utama dan penting dalam menjalankan puasa Ramadan adalan membaca niat. Hal ini dikarenakan niat merupakan rukun puasa dan tak boleh ditinggalkan bagi umat muslim. Bagi sebagian orang, ada yang menganut melafalkan niat puasa per hari setiap malamnya sebelum melakukan sahur.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Disyaratkan berniat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha, atau puasa nadzar. Ini berdasarkan hadis Rasulullah SAW, ‘Siapa yang tidak berniat di malam hari sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.’ Karenanya, harus niat puasa di setiap hari (bulan Ramadan) jika melihat redaksi zahir hadits.” (Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Iqna’, juz 2).

Menurut Pengasuh Pesantren Lirboyo Kediri KH A Idris Marzuqi, terdapat aturan dalam membaca niat puasa Ramadan sebulan penuh tersebut.

“Untuk berjaga-jaga agar puasa tetap sah ketika suatu saat lupa niat, sebaiknya pada hari pertama bulan Ramadan berniat taqlid (mengikut) pada Imam Malik yang memperbolehkan niat puasa Ramadan hanya pada permulaan saja. Dan adanya cara tersebut bukan berarti membuat kita tidak perlu lagi niat di setiap harinya, tetapi cukup hanya sebagai jalan keluar ketika benar-benar lupa,” demikian penjelasan KH A Idris Marzuqi dalam laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Berikut ini bacaan niat puasa Ramadan untuk sebulan penuh.

Nawaitu shauma syahri Ramadhaana kullihii lillaahi ta‘aalaa.

Artinya, Aku sengaja berpuasa bulan Ramadhan sekaliannya karena Allah ta’ala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya