SOLOPOS.COM - Lidah buaya

Lidah buaya

Manfaat lidah buaya atau aloe vera ternyata tidak hanya sebagai perawatan rambut. Tumbuhan ini mempunyai banyak khasiat lain, salah satunya mengatasi masalah yang berhubungan dalam percernaan, seperti mag dan radang usus.

Promosi Peduli Sesama, BRI Peduli Bantu Korban Terdampak Erupsi Gunung Ruang

“Lidah buaya memiliki kemampuan mengobati radang usus. Penyakit ini terjadi karena makanan yang masuk tidak terkontrol atau terlalu sering mengonsumsi makanan yang merangsang asam lambung,” jelas praktisi herbal Wahyu saat ditemui Harian Jogja, di tokonya di Karangasem, Caturtunggal, Depok, Sleman, Senin (21/5).

Konsumsi lidah buaya diyakini dapat menyembuhkan radang usus karena mengandung zat saponin yang mampu membersihkan usus sekaligus bersifat antiseptik. Senyawa antrakuinonnya berfungsi sebagai antibiotik, dan zat-zat lainnya berfungsi menjalankan peran epitelisasi atau merangsang pertumbuhan jaringan sel-sel baru.

Penyakit lainnya seperti mag juga dapat diatasi dengan aloe vera. Mag seperti diketahui merupakan penyakit yang menyerang lambung karena terjadi luka atau peradangan yang menyebabkan perih pada perut. Banyak obat yang dapat menghilangkan gejala mag dengan cepat, tapi sebagian besar tidak menyelesaikan masalah yang terjadi di lambung.

Lidah buaya yang berdaging dan mengeluarkan cairan pahit ini sangat baik digunakan sebagai penyembuh luka di lambung. Aloe vera mengandung elemen kunci seperti aloin, aloin-emodin, resin, tanin dan polisakarida. Selain itu, lidah buaya juga menawarkan 19 asam amino, 20 mineral dan 12 vitamin yang penting bagi kesehatan.

Wahyu menambahkan lidah buaya juga mengandung asam amino, metionin, treonin, serin dan molibdenum, yang bekerja sama untuk detoksifikasi dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Hal ini dapat mencegah penumpukan lemak di hati dan pembuluh darah arteri. Efek antimikroba yang dimiliki lidah buaya dapat menyembuhkan saluran pencernaan, juga bisa mengurangi peradangan yang disebabkan asam, alkohol, dan obat lain.

Lidah buaya dapat dijadikan minuman untuk mengobati gangguan pencernaan. Caranya, mula-mula siapkan satu pelepah lidah buaya ukuran besar yang telah dibersihkan dengan mengupas kulit dan durinya. Rendam sekitar 30 menit dalam air garam. Remas sebentar, lalu bilas di bawah air yang mengalir. Rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih, dinginkan. Minum sebanyak setengah gelas, sehari satu atau dua kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya