SOLOPOS.COM - Otak-otak Goreng (Espos/Lutfiyah)

Otak-otak Goreng (Espos/Lutfiyah)

Aroma pepes begitu menusuk hidung saat Espos mendekati gerobak penjual otak-otak bakar ikan tengiri di depan Plasa Singosaren, Solo, Jumat (4/5). Dari baunya, otak-otak yang dibungkus daun pisang itu terasa menggoda.
Penasaran, saya pun membeli beberapa bungkus otak-otak bakar. Pilihan saya tidak salah. Walaupun dijual pedagang kaki lima, otak-otak bakar itu menyimpan rasa yang gurih dan enak. Apalagi, dimakan bersama sambal kacang.
Otak-otak bakar yang disediakan di tempat tersebut sekilas mirip tempura. Karena terbungkus daun pisang, tampilannya lebih istimewa. Walau begitu, rasa ikan tengiri dalam otak-otak bakar jauh lebih dominan dibandingkan tempura.
Selain otak-otak ikan tengiri bakar, ada juga otak-otak goreng yang dibentuk bulatan-bulatan kecil. Walaupun memiliki rasa yang sama, otak-otak goreng terasa lebih kenyal.
Penjual otak-otak bakar ikan tengiri di depan Plasa Singosaren, Sandy Haniawan, mengatakan otak-otak bakar dan goreng sama enaknya. Meski begitu, hampir sebagian besar pencinta otak-otak lebih menyukai otak-otak bakar.
“Saya di Solo sudah tiga tahun berjualan otak-otak, rata-rata orang lebih menyukai yang bakar. Mungkin karena bakar lebih hangat dan aromanya lebih kuat jadi banyak yang suka,” ujarnya kepada Espos, Jumat (4/5).
Kendati rasa gurih lebih kuat, Sandy mengaku sengaja menyamarkan rasa otak-otak menyesuaikan dengan lidah wong Solo dengan tambahan sedikit gula pasir pada adonannya agar sedikit terasa manis. “Lidah Solo dan Jakarta kan berbeda, makanya saya samarkan rasanya tapi tidak menghilangkan dominasi rasa gurihnya ikan,” tukasnya.
Seperti halnya otak-otak ikan tengiri, otak-otak ikan tuna juga terasa gurih. Bagi yang tidak begitu menyukai ikan, bau amis otak-otak ikan tuna lebih tajam dibanding otak-otak dari ikan lainnya. Menurut penjual otak-otak ikan tuna Aroma Solo, Lusy, otak-otak ikan tuna dibuat dalam bentuk beku sehingga bisa langsung digoreng. “Otak-otak cocok untuk alternatif menu makanan, rasanya juga gurih. Cara penyajiannya juga praktis, tinggal digoreng dan disajikan hangat. Kalau suka pedas bisa ditambahkan saus sambal jadi,” katanya.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya