SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengelola bisnis online. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah pekerjaan yang cocok untuk kaum introvert. Hal ini lantaran pekerjaan ini tidak menuntut kamu untuk bertemu dengan banyak orang.  Simak ulasannya di tips karier kali ini.

Sebagaimana diketahui 2 Januari diperingati sebagai Hari Introvert Sedunia. Hari tersebut dirayakan untuk memberikan apresiasi kepada seluruh introvert untuk memiliki ruang sendiri yang dibutuhkan.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Dalam sejarahnya, Hari Introvert Sedunia dirayakan kali pertama pada 2011. Hari tersebut dicetuskan oleh
psikolog asal Jerman bernama Felicitas Heyne yang menuliskan artikel Inilah Mengapa Kita Membutuhkan Hari Introvert Sedunia di situs webnya iPersonic.

Dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa harusnya ada kesadaran dunia yang dipertajam terhadap kekhasan para introvert.  Dia menyoroti beberapa diskriminasi yang dihadapi introvert karena sifat tertutup mereka dan mengeluhkan rendahnya apresiasi terhadap introvert oleh masyarakat umum.

Dikutip dari Bisnis.com pada Kamis (4/1/2024), berikut adalah 10 ide bisnis atau pekerjaan yang cocok untuk para introvert:

1. Penulis lepas

Jika Anda memiliki kemampuan untuk menulis, bisnis ini cocok untuk Anda. Berbagai macam proyek penulisan tersedia, mulai dari copywriting, penulisan laporan, hingga penulisan SEO.

Selain kemampuan untuk menulis, salah satu modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini adalah koneksi internet yang baik.

2. Ghost Writer

Pekerjaan lain yang cocok untuk introvert adalah ghost writer. Ghost writer adalah penulis yang dibayar untuk menyiapkan tulisan atau karangan atas nama orang lain.

Selain berpotensi mendapat keuntungan yang besar, pekerjaan ini juga memiliki pola kerja yang fleksibel.

3. Agen desain grafis

Jika Anda memiliki kemampuan desain grafis, Anda bisa mencoba untuk membuka jasa membuat desain grafis.

4. Bisnis online

Pekerjaan lain yang cocok untuk introvert adalah memiliki bisnis online. Jika Anda adalah seorang introvert yang lebih suka tinggal di rumah, Anda masih bisa menjalankan bisnis yang menguntungkan dengan menjual produk secara online.

Anda bisa menjual barang yang Anda buat sendiri, seperti seni, kerajinan tangan, dan makanan, atau menjual kembali produk yang Anda beli secara grosir.

5. Konsultan media sosial

Saat ini, banyak bisnis yang beralih ke platform media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok untuk memasarkan produk dan layanan.

Biasanya para pemilik bisnis membutuhkan spesialis untuk memasarkan produknya pada media sosial. Oleh karena itu, konsultan media sosial bisa menjadi pilihan untuk Anda dapat bekerja dari jarak jauh.

6. Kursus online

Jika Anda memiliki pengetahuan luas di salah satu bidang tertentu dan tertarik untuk mengajar orang lain, Anda bisa mencoba untuk membuka bisnis kursus online.

7. Dropshipper

Jika ingin membuka usaha yang tidak membutuhkan biaya besar, Anda bisa mencoba untuk menjadi dropshipper.

Seorang dropshipper melakukan proses jual beli tanpa membeli barang dari produsen. Tugas utamanya hanya untuk mempromosikan produk tersebut ke pelanggan.

8. Layanan Bot Trading Kripto

Pekerjaan lainnya yang cocok untuk kaum introvert adalah menyediakan layanan bot trading kripto. Bot trading kripto adalah program perangkat lunak yang memperdagangkan mata uang kripto. Program ini mengikuti strategi trading yang Anda tetapkan, sehingga Anda bisa trading 24/7 tanpa perlu terus memantau pasar.

9. Jasa penerjemah

Jasa penerjemah atau translator sangat diminati seiring dengan meningkatnya permintaan bisnis secara global. Jika Anda fasih dalam lebih dari satu bahasa, ini bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan atau bisnis untuk Anda.

10. Layanan analisis data

Layanan analisis data membantu bisnis memahami data mereka. Anda akan mengubah angka mentah menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang dapat digunakan perusahaan untuk membuat keputusan yang tepat.

Jika Anda memiliki kemampuan di bidang analisis data, pekerjaan ini bisa menjadi pilihan.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul 10 Ide Bisnis dan Pekerjaan untuk Para Introvert

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya