SOLOPOS.COM - Hanna Kirana. (Instagram/@hannakirana_official)

Solopos.com, SOLO — Kira-kira apa sih penyebab gagal jantung usia muda, seperti dialami pesinetron Hanna Kirana yang meninggal dunia pada Selasa (2/11/2021)?

Baru-baru ini, publik dikejutkan dengan meninggalnya pemain sinetron Suara Hati Istri karena gagal jantung.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

“Ayahnya bilang Hanna meninggal jam 21.00 karena gagal jantung,” ungkap asisten Hanna Kirana, Icha, seperti telah diberitakan Solopos.com, Rabu (3/11/2021).

Baca Juga: Profil Hanna Kirana, Pesinetron yang Meninggal di Usia 18 Tahun

Meninggalnya Hanna Kirana di umur yang masih muda, yakni 18 tahun membuat publik penasaran apa penyebab gagal jantung di usia belia?

Dikutip dari situs kesehatan Halodoc.com, pada usia muda, gagal jantung bisa saja terjadi karena faktor gaya hidup hingga riwayat penyakit.

Baca Juga:  Ada Mahasiswi UMS Meninggal saat Diksar Menwa 2021, Ini Kata Polisi

Gagal jantung bisa disebabkan oleh adanya penyakit kronis yang membuat jantung kaku, lemah atau mengalami kerusakan struktural. Kondisi ini menyebabkan jantung bekerja lebih keras dalam jangka waktu yang panjang. Selain dari organ jantung, penyakit ini juga bisa muncul karena gangguan atau penyakit dari organ lain.

Penyebab dan Gejala Gagal Jantung di Usia Muda

Sebetulnya ada banyak penyebab gagal jantung di usia muda, seperti dialami Hanna Kirana. Akan tetapi, risiko penyakit ini menjadi lebih besar pada orang yang memiliki riwayat penyakit jantung bawaan, aritmia, hingga diabetes.

Baca Juga: Berapa Sih Keuntungan Jadi Agen Gas Elpiji 3 Kg Pertamina?

Kemudian, gaya hidup yang buruk juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena gagal jantung.

Setelah mengetahui penyebab gagal jantung di usia muda, seperti dialami Hanna Kirana, lalu apa saja sih gejala yang muncul?

Baca Juga: Sejarah Kota Solo yang Kerap Disebut Surakarta, Berawal dari Desa Sala

Sebagaimana dilansir Hellosehat.com, terdapat tiga gejala khas gagal jantung di usia muda. Berikut ini di antaranya.

1. Tekanan Darah Tinggi

Situs Northwestern Medicine menyebutkan bahwa tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah tanda peringatan penyakit kardiovaskuler yang dapat muncul pada usia 18 tahun.

Tekanan darah yang tidak terkendali bisa memperberat kerja jantung dalam memompa darah dan membuat pembuluh arteri di jantung jadi lebih kaku.

Baca Juga:  Dikabarkan Meninggal Dunia, Titiek Puspa Hanya Tersenyum

2. Nyeri Dada

Nyeri dada adalah gejala penyakit jantung yang umum, termasuk untuk orang-orang di usia muda. Gejala ini biasanya disebut dengan istilah angina.

Rasa nyeri terkait penyakit jantung terjadi umumnya di dada sebelah kiri. Jika terjadi di dada area tengah atau di bawahnya, kemungkinan berhubungan dengan masalah paru atau pencernaan.

Baca Juga:  Cara Daftar Bansos dari Kemensos 2021 Lewat Online

3. Sesak Napas

Ciri gagal jantung di usia muda seperti dialami Hanna Kirana adalah sesak napas. Jika sesak napas diikuti dengan gejala yang telah disebutkan di atas tadi, bisa menguatkan diagnosis penyakit jantung.

Baca Juga:  Kenapa 10 November Diperingati Hari Pahlawan? Ini Sejarahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya