SOLOPOS.COM - Ilustrasi memasak. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Beberapa pilihan peralatan masak mungkin lebih sehat dan aman untuk digunakan dibandingkan yang lain. Untuk menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang, simak ulasannya di tips memasak sehat kali ini.

Variasi peralatan masak tidak ada habisnya. Baja tahan karat, kaca, Teflon, besi tuang, tembaga—daftarnya terus bertambah.  Dengan semua pilihan ini, mungkin sulit untuk mengetahui pilihan mana yang terbaik.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Saat berbelanja, Anda akan menemukan dua jenis peralatan masak utama berikut: keramik dan PTFE (lebih dikenal dengan nama mereknya, Teflon). PTFE terkenal karena kualitas antilengketnya. Namun, ada kekhawatiran mengenai bahan kimia yang digunakan dalam lapisan PTFE dan implikasi kesehatan jangka panjangnya.

Dikutip dari health.com pada Senin (29/1/2024), penelitian sebelumnya menunjukkan bahan kimia asam perfluorooctanoic (PFOA) yang digunakan untuk membuat Teflon dikaitkan dengan kanker. Bahan kimia berbahaya ini telah dilarang.

Sebaliknya, peralatan masak keramik terbuat dari turunan pasir sehingga menghasilkan hasil akhir yang licin dan antilengket.  Inilah yang perlu diperhatikan saat memilih peralatan masak yang paling sehat untuk Anda dan keluarga.

Saat memilih peralatan masak untuk rumah Anda, penting untuk mempertimbangkan mana yang paling aman untuk penggunaan jangka panjang.

“Secara umum, Anda harus mencoba membeli peralatan masak yang aman untuk rumah Anda karena harapannya adalah Andalah yang melakukan sebagian besar proses memasak,” ujar  ahli diet terdaftar di Cleveland Clinic Digestive Disease Institute, Julia Zumpano, mengatakan kepada Health.

Dan, secara teknis, pilihan peralatan masak yang “paling sehat” bukanlah keramik atau Teflon, melainkan kaca dan baja tahan karat.  “Jika Anda dapat menggunakan atau membeli panci dan wajan berbahan kaca atau Pyrex, yang terbuat dari baja tahan karat, ini adalah pilihan yang lebih sehat untuk penggunaan jangka panjang/seumur hidup,” ujar Jim Perko, Koki Eksekutif di Pusat Pengobatan Integratif & Gaya Hidup di Klinik Cleveland.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, termasuk jenis logam yang mendasarinya, lapisannya, dan cara pengaplikasiannya.  Umumnya, peralatan masak keramik terbuat dari logam dan dilapisi dengan bahan antilengket (biasanya silikon). Secara relatif, ini lebih aman pada suhu yang lebih tinggi, tetapi beberapa merek mungkin menggunakan lapisan yang mengandung logam berat.

Bahan kimia dalam produk Teflon asli telah dilarang sejak 2014 (PFOA), jelas Zumpano. Produk Teflon yang lebih baru menggunakan PFA, meskipun penelitian menghubungkan bahan kimia ini dengan masalah kesehatan juga.

“Karena ada banyak merek keramik dan Teflon yang berbeda, jenis pelapis sebenarnya dan cara pelapisan diterapkan, serta jenis logam yang digunakan untuk membuat panci, ada banyak variabel dalam umur panjang dan keamanan terkait,” jelas Perko. .

Karena produk keramik dan Teflon mengandung lapisan—kaca dan baja tahan karat tidak. Hal ini membuat pilihan terakhir menjadi pilihan yang lebih aman dan sehat.

Selain mewaspadai lapisan apa pun yang mungkin ada pada peralatan masak Anda, penting juga untuk mengetahui bahan dasarnya. Seiring waktu, lapisan tersebut dapat hancur dan bahan di bawahnya dapat masuk ke dalam makanan Anda.

“Batasi bahan kimia seperti PFOA, PFAS, dan jenis antilengket,” kata Zumpano. “Jika Anda memilih peralatan masak berbahan logam, hindari aluminium kecuali aluminium anodisasi, [karena aluminium] dapat meresap ke dalam makanan Anda, besi cor dan baja tahan karat umumnya dianggap aman, [gunakan] hati-hati dengan tembaga.” Aluminium anodisasi tidak bereaksi dengan makanan asam, sehingga aluminium tidak larut ke dalam makanan Anda.

Selain itu, jika memungkinkan, hindari memasak dengan api besar, terutama jika Anda memasak protein hewani, jelas Perko.

Namun, jika Anda benar-benar mengkhawatirkan peralatan masak Anda, prioritaskan pilihan teratas.

“Kaca, seperti peralatan masak Pyrex, adalah pilihan yang aman,” kata Perko. “Besi cor adalah pilihan yang aman jika TIDAK menggoreng atau menggunakan masakan bersuhu tinggi. Jika Anda memiliki atau dapat menggunakan atau membeli panci dan wajan baja tahan karat, itu adalah pilihan yang lebih sehat untuk penggunaan jangka panjang/seumur hidup.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya