SOLOPOS.COM - Apartemen Yudhistira Yogyakarta. (http://mataramcity.com/)

Solopos.com, SOLO — Sebelum memutuskan untuk tinggal di apartemen, sebaiknya Anda mengetahui plus minusnya, kira-kira apa saja?

Kini, apartemen menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan hunian di kawasan perkotaan yang terus meningkat. Di tengah sulitnya mencari lahan yang luas, apartemen hadir menjadi opsi hunian di masa depan. Hunian vertikal, khususnya apartemen mulai menghidupi wajah kota. Bukan tanpa sebab, kebutuhan hunian terus meningkat tajam seiring ketersediaan lahan kosong yang semakin terbatas.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Keterbatasan lahan disertai harga yang terus melambung tinggi membuat pengembangan apartemen sebagai tempat tinggal terus meningkat. Pada 2014 lalu, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch IPW, Ali Tranghada, memperkirakan bahwa apartemen akan menjadi model hunian lazim 10 tahun mendatang untuk kota-kota besar di Indonesia. Apalagi pihak pengembang menawarkan beragam fasilitas di apartemen yang bisa dinikmati penghuninya. Contohnya seperti arena bermain, perbelanjaan, dan arena olahraga yang mana dapat dimanfaatkan bersama oleh penghuni.

Lalu, apa sih plus minus tinggal di apartemen?

Plus Minus Tinggal di Apartemen

Dikutip dari laman Rumah.com, fasilitas apartemen umumnya memang lebih lengkap karena pengembang ingin memudahkan para penghuninya saat beraktivitas. Baik untuk memenuhi kebutuhan perut hingga kesehatan. Oleh karena itu, beberapa apartemen menyediakan mini market, restoran, kolam renang, pusat kebugaran hingga jasa laundry. Dengan demikian, penghuninya bisa merasa lebih mudah, praktis dalam memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan. Fasilitas apartemen memang adalah hal utama yang ditonjolkan dan merupakan salah satu keuntungan saat menghuni apartemen.

Tak hanya fasilitas, kelebihan tinggal di apartemen adalah lokasinya yang strategis. Mengutip laman resmi Sinarmas Land, apartemen biasanya dibangun di pusat kota yang dekat dengan pusat perbelanjaan, tempat hiburan, hingga fasilitas umum.

Selain itu, keamaan di apartemen juga lebih terjamin. Hal ini dikarenakan banyak sistem keamaan berlapis yang harus dilewati oleh orang asing yang ingin masuk ke apartemen. Biasanya, penghuni apartemen akan diberikan kartu akses yang khusus digunakan oleh mereka agar bisa bebas keluar masuk.

Plusnya tinggal di apartemen lainnya adalah perawatan lebih mudah, pengeluaran rumah tangga relatif lebih murah, hingga peluang mendapatkan teman baru.

Setelah mengetahui plusnya, minusnya tinggal di apartemen ada lima, berikut ini di antaranya.

  1. Banyak aturan.
  2. Membatasi hewan peliharaan.
  3. Tidak mempunyai halaman seperti rumah tapak.
  4. Biaya perawatan yang tinggi.
  5. Tetangga yang berisik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya