SOLOPOS.COM - Ilustrasi bersiap buka puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam, banyak mereka yang menanyakan kira-kira sampai kapan batas tanggal untuk melakukan puasa sunah Syawal 2023?

Puasa di bulan Syawal sendiri, pahalanya dihitung seperti berpuasa setahun penuh. “Barang siapa berpuasa Ramadan kemudian dilanjurkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun.” (HR Muslim).

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Umat muslim dianjurkan untuk berpuasa enam hari di bulan Syawal. Dalam Islam, puasa Syawal hukumnya sunah.

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), puasa Syawal memiliki keutamaan yang luar biasa, yakni penyempurna puasa Ramadan, pahala puasa setahun, tanda diterimanya puasa Ramadan, tanda syukur kepada Allah SWT, hingga ibadah di bulan Ramadan tidak terputus.

Lalu, sampai tanggal berapa dan kapan puasa Syawal bisa dilakukan umat muslim pada 2023?

Puasa Syawal biasa dilakukan selama enam hari setelah Hari Raya Idulfitri, yakni 2-7 Syawal. Akan tetapi, umat muslim masih boleh melakukannya di luar tanggal tersebut.

Pemerintah sendiri telah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. Sehingga umat muslim baru boleh melakukan puasa sunah Syawal pada Minggu, 23 April 2023.

Nah, terkait batas sampai tanggal berapa dan kapan puasa Syawal bisa dilakukan pada 2023, berdasarkan kalender Hijriah online di Islamicfinder.org, puasa sunah tersebut bisa dilaksanakan hingga tanggal 20-21 Mei 2023.

Hal ini dikarenakan pada 22 Mei 2023 sudah masuk bulan Hijriah yang baru, yakni Zulkaidah.

Setelah mengetahui batas sampai kapan dan tanggal berapa puasa Syawal 2023 dilaksanakan, berikut ini niat puasa sunah tersebut.

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnatis Syawwaali lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Aku berniat puasa sunah Syawal esok hari karena Allah Ta’ala.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya