SOLOPOS.COM - Andi Cahyo Birowo. (FOTO: Istimewa)

Andi Cahyo Birowo (FOTO: Istimewa)

Andi Cahyo Birowo tergolong mahasiswa yang aktif dalam berbagai kegiatan. Anak muda asal Desa Punung, Pacitan, Jatim ini tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) angkatan 2009. Organisasi yang ia tekuni di antaranya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), mentoring dan taekwondo.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selama Ramadan ini, Andi memilih mengikuti kegiatan keagamaan di Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq di Desa Gonilan, Kartasura, dekat Kampus UMS. Masjid itu juga tidak jauh dari tempat indekosnya di Gonilan.

Di masjid itu, dia didapuk jadi salah satu panitia kegiatan Ramadan.  Karena itu, waktunya lebih banyak dihabiskan di masjid daripada di tempat indekos. Mulai sore hari sebelum azan Magrib hingga pagi hari, dia beraktivitas di masjid. Mulai mempersiapkan buka puasa bagi jemaah, mengikuti kajian keislaman sebelum Magrib, tadarus Alquran setelah Isya dan Sahur.

Kamar indekosnya dia tinggalkan. Ia memilih banyak tinggal di masjid karena teman indekosnya kebanyakan pulang pada liburan kuliah ini. Banyak manfaat yang ia peroleh selama di masjid. Ia mendapatkan teman baru. Lalu, kajian dan ceramah keislaman di masjid itu juga menarik hatinya. Tema yang paling menarik bagi dia adalah spirit Ramadan.

Memang ia juga merasakan kangen akan kehangatan Ramadan di rumah bersama keluarga. Apalagi di rumah, ia tidak perlu memikirkan menu buka puasa maupun sahur karena disediakan ibunya.

Menurut dia, rasa kangen itu masih bisa terobati dengan hadirnya teman-teman selama berada di masjid. Ia juga senang karena saat berbuka selalu bersama-sama dengan jemaah lain. Ketika sahur, ia mencari makan dengan teman-temannya ke warung makan terdekat. Merekalah pengganti keluarga yang ada di Pacitan. Ia juga bersyukur kepada Allah SWT karena dengan acara seperti itu, ia dapat mempererat tali silaturahmi dengan sesama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya