SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang salat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Setelah melakukan ibadah salat duha, umat muslim disarankan untuk membaca serangkaian doa yang ada di bawah ini.

Seperti diketahui, salat duha merupakan salat sunah yang dikerjakan setelah Matahari terbit hingga waktu zuhur tiba.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Salat duha minimal dilakukan dua rakaat dan maksimal delapan rakaat. Seperti hadist riwayat hadist riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah, “Kekasihku Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara. (1) puasa tiga hari dari setiap bulan, (2) dua rakaat salat Duha, dan (3) agar aku salat witir sebelum tidur.”

Lalu, apa saja doa yang dibaca setelah salat duha?

Baca Juga: Jika Tak Hafal Doa Qunut untuk Salat Subuh, Bacaan Ini Bisa Jadi Penggantinya

Dikutip dari situs resmi Nahdlatul Ulama, NU online, terdapat rangkaian doa sebagaimana ditemukan di kitab-kitab fiqih Mazhab Syafi’i, yakni I’anatut Thalibin, Tuhfatul Muhtaj, dan Hasyiyatul Jamal.

Rangkaian Doa Setelah Salat Duha

Doa Pertama

Allahumma innad dhuha’a dhuha’uka, wal baha’a baha’uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka.

Artinya: Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu.

Baca Juga: Doa agar Tidak Mudah Mengantuk saat Beraktivitas Menurut Islam

Doa Kedua

Allahuma in kana rizqi fis sama’i fa anzilhu, wa inkana fil ardhi fa akhrijhu, wa inkana mu’siran (mu‘assaran) fa yassirhu, wa in kana haraman fa thahhirhu, wa inkana ba‘idan fa qarribhu, bi haqqi duha’ika wa baha’ika wa jamalika wa quwwatika wa qudratika. atini ma atayta ‘ibadakas shalihin.

Artinya: Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah. Jika sukar atau dipersulit (kudapat), mudahkanlah. Jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah. Jika jauh, dekatkanlah dengan hak dhuha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh.

Doa Ketiga

Setelah dua doa salat duha tersebut, umat muslim dianjurkan membaca doa berikut ini.

Allahumma bika ushawilu, wa bika uhawilu, wa bika uqatilu.

Artinya: Dengan-Mu, aku menerjang. Dengan-Mu, aku berupaya. Dengan-Mu, aku berjuang.

Baca Juga: Bolehkah Tidak Membaca Doa Qunut saat Salat Subuh? Ini Hukumnya Menurut NU

Doa Penutup

Setelah membaca tiga doa salat duha di atas, sebagai penutup, umat muslim dianjurkan juga untuk menutupnya dengan lafal berikut ini sebanyak 40 atau 100 kali jika memungkinkan.

Rabbighfir li, warhamni, wa tub ‘alayya, innaka antat tawwabur rahim.

Artinya: Tuhanku, ampunilah aku. Kasihanilah daku. Terimalah tobatku. Sungguh, Kau maha penerima tobat dan maha penyayang.

Baca Juga: Hukum Tidak Salat Jumat karena Hujan Deras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya