Alasan Susu Segar Paling Baik Dikonsumsi

Susu segar (Pictagram)
19 September 2018 01:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Slogan empat sehat lima sempurna masih dipakai untuk mengampanyekan pola makan sehat. Adapun makanan empat sehat lima sempurna terdiri dari makanan pokok, lauk, sayur, buah, dan susu. Kelima makanan tersebut semestinya dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kebugaran tubuh.

Tetapi, dari kelima makanan itu, susu menjadi yang paling jarang dikonsumsi dengan berbagai alasan. Mulai dari alergi, tidak doyan, hingga malas. Padahal, minum susu cukup membantu menjaga kebugaran tubuh. Susu mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti protein, lemak, vitamin, mineral.

Dilansir Pop Sugar, Selasa (18/9/2018), dari sekian banyak, susu segar merupakan yang paling baik dikonsumsi dibanding jenis lainnya. Namun, jenis susu ini bisanya kurang disukai. Kebanyakan orang memilih susu kemasan siap minum atau bubuk yang lebih praktis dikonsumsi.

Padahal, susu kemasan jelas tidak mengandung mineral alami seperti yang dikandung susu murni. Sejumlah ahli gizi berpendapat susu paling baik dikonsumsi adalah yang masih segar. Namun, susu tersebut harus tetap dipasteurisasi alias disterilkan untuk membunuh kuman di dalamnya sehingga aman diminum.

Ingat, susu segar tidak bisa dibiarkan terlalu lama karena cepat basi. Jadi, susu segar harus segera disimpan di dalam kulkas jika tidak diminum. Susu murni biasanya berasa hambar, jadi Anda bisa menambahkan gula jika ingin rasanya manis. Namun, perhatikan jumlah gula yang dimasukkan ke dalam susu. Jangan sampai jumlahnya melebihi takaran normal karena akan mengganggu proses penyerapan nutrisi susu di dalam tubuh.