Cara Sehat Usir Lapar Tanpa Takut Gemuk

Makanan berprotein (Boldsky)
19 September 2018 10:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Perut lapar tandanya butuh asupan makanan. Tubuh bakal melepaskan hormon ghrelin yang menyampaikan pesan ke otak saat perut kosong. Namun, dalam beberapa kasus orang yang metabolismenya terganggu, tubuh lebih sering melepaskan hormon ghrelin yang membuat perut sering keroncongan.

Jangan khawatir, Anda bisa menekan nafsu makan dan menghilangkan rasa lapar tanpa khawatir gemuk dengan beberapa cara yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Selasa (18/9/2018), di bawah ini:

Minum teh atau kopi

Minum teh hijau atau kopi hitam tanpa gula saat perut keroncongan dapat menghilangkan rasa lapar. Minuman ini juga membantu menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme. Tapi ingat, jangan tambahkan gula ke dalam minuman tersebut jika ingin tubuh tetap sehat.

Konsumsi makanan berprotein

Saat perut terasa lapar, cobalah mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti kacang, tahu, tempe, ikan, atau daging ayam. Makanan tinggi protein membuat perut kenyang lebih lama.

Sarapan

Jangan pernah melewatkan sarapan jika tidak mau perut keroncongan. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan menjadi bahan bakar untuk beraktivitas sepanjang hari. Pastikan makanan tersebut bergizi dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Makan serat

Makanan berserat dicerna dalam waktu yang lama di dalam tubuh. Jadi, makanan ini bakal membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, makanan berserat juga sangat baik menjaga pencernaan.

Minum air putih

Saat perut keroncongan sebaiknya jangan langsung makan. Cobalah untuk meneguk segelas air putih. Sebab, terkadang rasa lapar itu muncul bukan karena tubuh butuh makanan, melainkan sinyal dehidrasi.