4 Olahraga Ampuh Usir Perut Buncit

Ilustrasi mengukur lingkar perut (Youtube)
22 September 2018 02:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Perut menjadi bagian tubuh yang paling cepat menimbun lemak. Penumpukan lemak di perut ini menjadi masalah karena membuatnya terlihat buncit. Penyebab perut buncit bukan hanya karena kebanyakan, melainkan gaya hidup yang kurang sehat.

Dikutip dari Boldsky, Jumat (21/9/2018), penumpukan lemak di perut terjadi karena tubuh kurang bergerak. Lihat saja, orang yang tidak aktif melakukan aktivitas fisik cenderung berperut buncit. Nah, untuk menghindari penumpukan lemak di perut sebaiknya Anda membatasi makanan kaleng, berpengawet, serta berpemanis buatan.

Selain itu, Anda juga harus melakukan aktivitas fisik untuk melunturkan lemak di perut. Tidak perlu terlalu berat. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti yang dirangkum Solopos.com di bawah ini:

Push Up

Hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Obesity menyebut push up dapat meningkatkan kadar hormon testosteron yang meluncturkan lemak di perut. Selama ini, kekurangan hormon testosteron dianggap sebagai salah satu penyebab penumpukan lemak viseral di perut. Tidak perlu push up terlalu lama. Lakukan saja semampunya, minimal 50 kali dalam dua sesi.

Sit up

Posisi sit up yang benar dapat membantu melunturkan lemak dan mengencangkan perut. Adapun posisi yang benar adalah menekuk kaki dan tangan diletakkan di samping kepala, bukan memegangi tengkuk seperti yang biasa dilakukan. Gunakan alas yang nyaman sebagai penopang tubuh untuk menghindari sakit punggung.

Goyang pinggul

Menggoyangkan pinggul dengan hula hoop bisa membantu melunturkan lemak di dalam perut. Olahraga sederhana yang dilakukan secara konstan selama 10 menit dapat membakar sekitar 100 kalori.

Lompat tali

Olahraga yang sering dianggap sebagai permainan anak kecil ini ternyata cukup ampuh melunturkan lemak. Olahraga ini membakar banyak lemak termasuk yang menumpuk di perut. Lakukan gerakan meloncat ini selama 15 menit setiap hari agar lemak tubuh cepat luntur.