3 Hal Ini Haram Dilakukan Saat Rambut Basah

Ilustrasi rambut basah (Bustle)
24 September 2018 23:18 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Menjaga kebersihan rambut wajib bagi semua orang. Rambut yang jarang dibersihkan akan berminyak, berketombe, rontok, bahkan berkutu. Anda tentu tidak mau memiliki rambut yang seperti itu bukan?

Satu-satunya cara membersihkan rambut adalah dengan keramas. Namun, sebaiknya Anda tidak keramas setiap hari karena akan menghilangkan minyak alami yang melembapkan rambut. Cuci rambut minimal dua hari sekali untuk menjaga kebersihan dan kelembapannya.

Tetapi, kadang kala rambut tetap saja rontok dan rapuh meski tidak setiap hari dikeramasi. Rambut rontok biasanya terjadi karena beberapa kebiasaan yang salah. Sebaiknya tunggu sampai rambut setengah kering sebelum menatanya.

Mau tahu apa saja yang tidak boleh dilakukan saat rambut basah? Simak ulasan yang dihimpun dari Boldsky, Senin (24/9/2018), di bawah ini:

Menyisir

Menyisir rambut basah bukanlah hal yang tepat dilakukan. Tindakan ini justru akan membuat rambut rapuh dan mudah patah. Jadi, biarkan saja rambut sampai setengah mengering sebelum disisir. Anda bisa menyisirnya menggunakan jari jika rambut tidak terlalu kusut.

Mengikat

Mengikat rambut memakai tali atau penjepit juga sebaiknya dihindari jika masih basah. Hal ini seringkali dilakukan oleh wanita yang terburu-buru pergi dan memakai hijab. Padahal, mengucir rambut basah akan membuatnya berbau apek dan menimbulkan ketombe. Sebab, rambut basah yang dikucir tidak bisa mengering sempurna. Kelembapan rambut meningkat justru akan menimbulkan ketombe.

Memakai pengering rambut

Pengering rambut alias hair dryer biasa dipakai untuk mempercepat pengeringan sekaligus membantu menatanya dengan rapi. Namun, penggunaan hair dryer saat rambut masih basah justru menimbulkan berbagai masalah. Panas yang dihasilkan alat tersebut menghilangkan kelembapan alami rambut sehingga membuatnya kering, rapuh, dan bercabang.