Makan Porsi Kecil Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Ilustrasi makanan sehat (Pictagram)
22 Oktober 2018 09:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Metabolisme tubuh sangat dipengaruhi oleh porsi makanan yang dikonsumsi. Cepat atau lambatnya metabolisme tubuh masing-masing orang berbeda. Yang perlu dipahami adalah hubungan metabolisme tubuh dengan porsi makanan.

Dikutip dari Pop Sugar, Minggu (21/10/2018), sejumlah hasil penelitan menyebutkan makan dalam porsi besar ternyata memperlambat metabolisme tubuh. Itulah sebabnya para pelaku diet disarankan untuk lebih sering makan dalam porsi kecil. Sebab, mengonsumsi makanan dalam porsi kecil membantu memperbaiki metabolisme tubuh.

Selain memperhatikan porsi, Anda juga harus meninggalkan kebiasaan mengemil. Camilan yang tinggi kalori seperti gorengan dan berbagai makanan manis lainnya cenderung memperlambat metabolisme. Makanan tersebut bakal ditumpuk yang membuat bobot tubuh bertambah.

Metabolisme tubuh memang dipengaruhi usia, jenis kelamin, dan genetik. Namun, Anda bisa berupaya mempercepat metabolisme tubuh dengan cara mengatur porsi makan dan berolahraga. Lakukan olahraga ringan yang mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh.

Kombinasi rutinitas makan dalam porsi kecil dan olahraga dapat mempercepat metabolisme tubuh. Jadi, mulai sekarang terapkanlah pola hidup sehat agar metabolisme tubuh berjalan cepat. Metabolisme tubuh yang cepat bakal menghindarkan Anda dari risiko obesitas. Sebab, makanan yang masuk ke dalam tubuh segera dibakar menjadi energi dan tidak akan bertumpuk menjadi lemak.