Girls, Ini Tips Aman Traveling Sendirian

Ilustrasi solo traveling (Pictagram)
24 November 2018 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Menjelajahi tempat baru sendirian mungkin terasa aneh, khususnya bagi wanita. Wajar saja, selama ini wanita seringkali mengalami hal tak menyenangkan ketika bepergian seorang diri alias solo traveling. Namun, tahukah Anda jika solo traveling punya pengaruh besar bagi kesehatan mental?

Sejumlah pakar psikologi berpendapat, bepergian sendirian bermanfaat untuk mengenali kepribadian. Selain itu, menghabiskan waktu untuk diri sendiri sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Bisa dibilang, tidak ada cara yang lebih baik untuk mengenal dunia dan diri sendiri selain dengan melakukan solo traveling.

Sayangnya, banyak orang urung mewujudkan rencana solo traveling karena sejumlah alasan. Namun, benarkah melakukan perjalanan seorang diri sangat mengkhawatirkan? Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar solo traveling menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Mau tahu panduan solo traveling aman? Simak ulasan yang dihimpun dari Be My Travel Muse, Jumat (23/11/2018), di bawah ini:

Siapkan semua perlengkapan

Siapkan semua perbekalan yang hendak dibawa sebelum solo traveling. Pastikan semua barang yang dibutuhkan lengkap agar tidak timbul masalah selama perjalanan. Jangan lupa membawa pakaian dan sepatu yang nyaman dipakai. Hindari memakai pakaian yang berlebihan agar tidak mengundang perhatian.

Pelajari bahasa lokal

Mempelajari bahasa lokal daerah yang dikunjungi juga sangat penting bagi pelancong. Anda tentu bakal kebingungan ketika menjelajah tempat baru bukan? Nah, itulah sebabnya Anda harus mempelajari bahasa daerah tersebut untuk memudahkan komunikasi dengan warga setempat ketika hendak meminta bantuan.

Siapkan tiket perjalanan dan tempat menginap

Jangan lupa mempersiapkan tiket perjalanan dan tempat menginap. Anda tentu tidak mau ribet mencari tempat menginap bukan? Jadi, persiapkanlah semua tiket perjalanan dan tempat menginap ketika hendak bepergian. Jika tidak mau ribet, Anda bisa mengandalkan aneka travel organizer yang ada. Dengan demikian, Anda tidak perlu kerepotan mempersiapkan berbagai tiket tersebut.

Bawa senjata

Sebagai wanita yang bepergian seorang diri, tidak ada salahnya Anda membawa senjata untuk melindungi diri. Cukup masukkan gunting, cutter, semprotan lada atau cabai ke dalam koper untuk berjaga-jaga ketika diperlakukan tidak pantas oleh orang mencurigakan. Ada banyak aneka model koper terbaru yang bisa dibawa untuk mengangkut semua perbekalan selama bepergian.

Jika ada barang yang kurang, segera lengkapi perbekalan tersebut sebelum berangkat. Tidak perlu repot, semua barang yang Anda perlukan tersedia di situs jual beli online, Tokopedia. Hanya sekali klik, semua kebutuhan Anda dapat terpenuhi di Tokopedia. Tunggu apalagi, rencanakan liburan #MulaiAjaDulu di Tokopedia.