Area Selangkangan Teriritasi? Ini Cara Mengatasinya

Ikustrasi es batu (Pictagram)
21 Desember 2018 10:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Penggunaan pembalut yang kurang bersih saat menstruasi sering menyebabkan iritasi pada area intim wanita. Kuman dan bakteri bakal berkembang biak di tempat lembap. Jadi, Anda harus memperhatikan kebersihan di area tersebut saat sedang menstruasi.

Selain kebersihan, area intim teriritasi karena penggunaan pembalut yang salah. Oleh sebab itu, pilihlah pembalut yang nyaman dipakai agar tidak mengalami masalah kulit. Namun, jika kulit di area kewanitaan terlanjur iritasi, segera atasi dengan cara yang dihimpun dari Boldsky, Kamis (20/12/2018), di bawah ini:

Kompres es

Rasa sakit akibat iritasi di kulit bakal reda jika segera dikompres dengan es batu. Es batu juga bisa membunuh bakteri penyebab gatal sehingga sangat ampuh untuk mengompres kulit yang teriritasi. Namun, jangan langsung menempelkan es batu langsung di kulit. Sebaiknya gunakan kain lap untuk membungkus es batu dan letakkan di area yang gatal selama 10 menit.

Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa bersifat anti-bakteri yang membantu mengatasi kulit yang teriritasi. Bahan alami di dalam minyak kelapa juga mampu menjaga kelembapan pada kulit. Jadi, ketika area selangkangan gatal, segeralah olesi dengan minyak kelapa untuk meredakannya.

Gel lidah buaya

Gel lidah buaya juga membantu mengatasi ruam pada kulit. Lidah buaya mengandung bahan anti-bakteri yang mampu menyembuhkan berbagai masalah kulit. Caranya, oleskan gel lidah buaya pada kulit dan biarkan mengering selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Petroleom jeli

Petroleum jeli juga ampuh mengatasi kulit selangkangan kering dan gatal. Bahan yang satu ini mengandung pelembap yang mampu menghidrasi dan melindungi kulit. Jadi, segera oleskan petroleum jeli pada bagian kulit yang teriritasi.