Video Ini Beri Penjelasan Apa yang Terjadi Saat Lalat Hinggapi Makanan

Ilustrasi lalat (Youtube)
22 Desember 2018 08:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Kebanyakan orang tentu merasa jijik jika melihat ada lalat yang menempel di makanan atau minuman. Wajar saja, lalat memang hewan kotor yang menjadi sumber berbagai macam penyakit. Nah, tahukah Anda apa yang dilakukan lalat saat menempel di makanan?

Video viral di media sosial unggahan pemilik akun Twitter @narkosun, Kamis (20/12/2018) memperlihatkan rekaman saat lalat menempel di makanan. Video tersebut merupakan rekaman hasil pengamatan yang dilakukan menggunakan mikroskop.

Dalam video itu terlihat seekor lalat mengeluarkan larva dari bagian pembuangnnya saat menempel di makanan. Larva yang dikeluarkan dari perut lalat tersebut berjumlah sangat banyak. Bayangkan saja bagaimana jika larva tersebut masuk ke dalam tubuh, menjijikkan bukan?

"Hiii, ngeri sekali. Video ini dibuat dengan kamera mikroskop. Memperlihatkan saat lalat menempel di makanan kita, lalu apa yang terjadi? Jadi, penting sekali kan menutupi makanan minuman kita agar tidak dihinggapi lalat," tulis @narkosun.

"Tapi, tidak semua lalat mengeluarkan belatung seperti itu. Ada jenis lalat-lalat tertentu. Untuk menutup makanan dan minuman, masih tetap penting untuk menghindari lalat. Kita tidak tahu lalat tersebut baru hinggap dari mana," sambung @narkosun.

Video viral tersebut membuat warganet heboh. Ada sejumlah netizen yang tidak menyangka lalat mengeluarkan larva seperti itu saat hinggap di makanan. Namun, ada pula warganet yang menganggap santai video tersebut.

"Kalau lalat masuk ke minuman, celupkan keseluruhan lalat itu. Baru dibuang lalatnya. Karena satu sayap mengandung racun dan sayap lainnya mengandung penawarnya," komentar @rfadhillahh.

"Hati-hati kalau ada makanan yang ada tahi lalatnya (bentuk lonjong warna putih). Kalau kemakan biasanya mules (pengalaman pribadi). Makanya ogah jajan di warung mending bungkus dari rumah," imbuh @acho_ndeso.

"Ini akan menambah sumber protein bagi kita," sambung @kotak500m.

"Protein yang masih suci dari dosa," sambung @lagilaper.

Dikutip dari WomanTalk, Jumat (21/12/2018), Cameron Webb, ahli entomologi medis dari University of Sydney, Australia, memaparkan, makanan yang dihinggapi lalat tidak perlu dibuang seluruhnya. Lalat yang hinggap sebentar di makanan tidak akan menyebabkan penyakit. Jadi, Anda hanya perlu membuang bagian makanan yang dihinggapi lalat saja. Sementara bagian yang tidak dihinggapi bisa dimakan tanpa perlu khawatir terkena penyakit.