Segudang Khasiat Madu Murni Bagi Kesehatan

Ilustrasi madu murni (Pictagram)
24 Desember 2018 23:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Bukan rahasia lagi jika madu dimanfaatkan sebagai obat segala macam penyakit. Madu juga berkhasiat menjaga kecantikan kulit. Pemanis alami tersebut memang dikenal memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Madu mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan flavonoid di dalam madu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berguna menangkal penyakit. Madu juga mengandung bee pollen dan propolis yang dikenal meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Sayangnya, madu konsumsi yang beredar di pasaran sudah tidak murni lagi. Ada sebagian nutrisi yang hilang dari proses pengolahan madu untuk konsumsi. Dilansir Boldsky, Senin (24/12/2018), madu mentah atau murni dihasilkan dari lebah yang berasal dari nektar bunga. Madu tersebut dipanaskan dan disaring agar bisa dikonsumsi manusia.

Nah, proses pemanasan dan penyaringan itulah yang membuat sebagian nutrisi dalam madu murni hilang. Padahal, madu murni mengandung mineral, vitamin, antioksidan, serta berbagai enzim. Sebagian nutrisi penting tersebut rusak ketika madu mengalami proses pemanasan.

Kandungan nutrisi per 100 gram madu murni sangat lengkap. Yakni energi sebesar 304 kilokalori, 0,3 gram protein, 82,4 karbohidrat, 82,12 gula, 52 miligram potasium, 4 miligram fosfor, serta 2 gram magnesium. Madu mentah juga mengandung 0,5 miligram vitamin C dan 0,024 miligram vitamin B6.

Madu mentah tidak boleh dipanaskan dengan suhu lebih dari 35 derajat celsius agar nutisinya tidak rusak. Madu mentah sangat bermanfaat menjaga kesehatan tubuh karena tidak mengandung zat aditif apapun.

Bahan alami ini berfungsi meredakan batuk, menyembuhkan diare, menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta mampu membantu tidur lebih nyenyak. Jadi, mengonsumsi madu mentah sepanjang hari tidak akan menimbulkan penyakit, justru menjaga kesehatan tubuh.