6 Cara Hemat Wujudkan Liburan Mewah

Liburan bersama keluarga (Pictagram)
28 Desember 2018 05:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Liburan mewah masih sebatas angan-angan? Tak perlu khawatir, ada cara mudah untuk liburan mewah tanpa harus menguras isi kantong. Mau tahu caranya?

Salah satu tip yang bisa dicoba adalah memesan tiket kereta api dibandingkan moda transportasi lain. Selain itu, agar perencanaan liburan kian matang, perhatikan pula beberapa tip di bawah ini:

Pilih naik kereta api

Salah satu pengeluaran terbesar saat liburan adalah anggaran transportasi. Transportasi darat seperti kereta api menjadi alternatif terbaik. Harga tiketnya lebih bervariasi dan terjangkau untuk berbagai perjalanan jarak jauh. Alhasil, Anda dapat pilih kelas yang tersedia sesuai bujet yang dianggarkan. Kalau cuma punya bujet pas-pasan, pesan tiket kereta api jenis kelas ekonomi bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Jeli berburu promo menarik

Anda juga bisa menghemat anggaran jika rajin mencari promo tiket. Selain mencari secara online di Internet, Anda juga bisa berlangganan newsletter di akun PT KAI dan online travel agent (OTA) agar tidak ketinggalan info penting tentang promo saat akan pesan tiket kereta api.

Tak ada salahnya pula mencari promo restoran dan tiket masuk wahana rekreasi. Promo tersebut bisa Anda dapatkan dari situs atau media sosial penyedia maupun dari pihak lain yang bekerja sama dengan restoran dan wahana rekreasi seperti penerbit kartu kredit, e-money, dan sebagainya. Lumayan kan sisa bujet bisa dialihkan ke anggaran lain?

Perhatikan fasilitas hotel

Ada baiknya untuk mencari hotel di destinasi liburan. Selain untuk survei harga, Anda juga bisa mencari info tentang fasilitas apa saja yang akan didapatkan secara gratis. Misalkan tempat bermain bagi anak-anak, sarapan mewah, hingga akses kolam renang dan ruang fitness.

Liburan bersama rombongan

Anda lebih suka bepergian sendiri atau liburan secara rombongan? Kalau mau agenda liburan tidak menguras kantong, maka liburan dalam grup jadi pilihannya. Anda bisa membayar penginapan, mobil rental, dan makan selama di destinasi wisata secara patungan. Selain itu, liburan bersama-sama pastinya lebih menyenangkan karena penuh dengan keseruan.

Manfaatkan paket wisata

Mengatur sendiri perjalanan wisata Anda memang lebih memuaskan. Tapi, tak ada salahnya untuk menggunakan jasa travel agent karena ada banyak paket wisata yang harganya cukup terjangkau. Misalkan, Anda mau berlibur ke Malang dan ingin melihat Gunung Bromo. Alih-alih berkeliling Bromo dengan menyewa jeep yang harganya sangat mahal, ada baiknya menggunakan travel agent yang menawarkan beragam paket murah wisata ke Bromo. Anda tinggal memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan.

Tahan belanja oleh-oleh

Belanja oleh-oleh sebenarnya sah-sah saja asalkan Anda cermat dalam menentukan pilihan. Misalkan, Anda membelikan kaos untuk keluarga, sementara cokelat dan camilan unik khas suatu daerah untuk teman dan rekan kantor. Bukan pilih kasih, hal ini dilakukan karena berpengaruh pada bujet yang harus dikeluarkan. Selain itu, cobalah untuk menawar harga sampai Anda mendapatkan harga yang diinginkan.

Wah, jadi tak sabar menunggu liburan! Makanya, segera pesan tiket kereta api dan lakukan semua strategi di atas agar liburan Anda berjalan lancar. Bagaimana, siap untuk mencobanya?