Yuk, Kenali Diri Sendiri dengan 5 Langkah Sederhana Ini

Ilustrasi - Sheknows
01 Januari 2019 14:30 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO — Penilaian terhadap diri sendiri seringakali dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari berita di media, media sosial, perkataan orang lain, bahkan pandangan kita mengenai diri sendiri. Tidak heran kalau banyak orang yang kemudian tidak lagi menjadi dirinya sendiri.

Orang-orang ingin tampil sempurna, menarik, dan unik, untuk ditampilkan di media sosial. Gara-gara hal ini banyak orang yang menyembunyikan karakter dirinya yang sebenarnya. Akibatnya, dia tidak merasa puas dan bahagia. 

Bagaimana caranya agar kita bisa menjadi diri kita sendiri? Berikut beberapa langkah simpel yang bisa kita lakukan, dilansir dari Psychologytoday.com:

1. Menerima diri sendiri
Terkadang, media massa dan media sosial membuat kita merasa tidak menarik. Hal ini terjadi karena media dan media sosial cenderung menampilkan apa yang baik dan yang dianggap sempurna. Makin sering kita terpapar konten media sosial yang mengagungkan kesempurnaan, kita semakin merasa buruk akan diri kita sendiri.

Kabar baiknya, standar diri Anda tidaklah sama dengan standar yang ditampilkan pada media. Karena itu belajarlah untuk menerima diri sendiri apa adanya, sebagaimana Anda diciptakan. Apabila kita menerapkan standar yang sama seperti yang terlihat di media, kita akan gagal untuk menjadi diri sendiri.

2. Mengidentifikasi kebiasaan berbicara negatif mengenai diri sendiri
Apakah Anda sering melabeli diri dengan label yang negatif? Atau berbicara pada diri Anda dengan kata-kata dan kalimat yang negatif? Monolog batin yang negatif dapat membuat kita berpikir bahwa diri kita tidak memiliki sisi positif.

Berhentilah berbikir negatif tentang diri Anda sendiri, pelan-pelan Anda akan menemukan kepuasan pada diri sendiri.

3. Jangan fokus pada kelemahan
Selain berbicara negatif terhadap diri sendiri, kita juga sering kali fokus kepada kelemahan ketimbang kekuatan yang kita miliki. Saat fokus kepada kelemahan, kita sering merasa sedih dan membiarkan pikiran itu menguasai. Akibatnya, kita sulit untuk menerima sisi diri kita yang lemah.

Untuk menerima diri sendiri, kita harus belajar untuk mengakui kelemahan kita dan berupaya untuk memperbaikinya. Setelah itu, fokus pada kekuatan dan kelebihan kita, dan lihatlah betapa mengagumkannya Anda!

4. Ekspresikan diri
Banyak orang tidak mampu menjadi diri sendiri karena ketakutan untuk mengekspresikan perasaan dan pikirannya. Kita sering menahan diri untuk mengekpresikan diri kita karena dihambat oleh pikiran-pikiran yang tidak perlu.

Keinginan untuk menampilkan sisi terbaik dalam diri kita merupakan bagian yang wajar dalam diri manusia. Karena itu jangan menahan diri untuk berekspresi. Hal ini justru akan membuat Anda semakin nyaman dengan diri sendiri, maupun orang lain.

5. Menunjukkan kerentanan Anda
Langkah penting lainnya untuk menjadi diri sendiri adalah kesadaran bahwa diri Anda bukanlah sosok yang sempurna dan tahan banting. Anda adalah manusia biasa yang rentan terhadap ketakutan, kesedihan, kekhawatiran, kelemahan, dan rasa malu.

Sama seperti manusia lainnya yang juga rentan, Anda juga begitu. Tidak perlu berjuang untuk tampil kuat dan hebat, padahal kenyataannya tidak begitu. Jadilah diri sendiri dan dengan jujur terimalah keadaan Anda apa adanya.