Sudah Punya Resolusi Tahun Baru? 5 Ide Ini Patut Anda Pertimbangkan

Pelajar menyambut datangnya Tahun Baru 2019, di Ahmedabad, India, Senin (31/12/2018). - REUTERS/Amit Dave
02 Januari 2019 13:30 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Solopos.com, JAKARTA - Sudahkah Anda memiliki resolusi di tahun baru ini. Tujuan dibentuknya resolusi di tahun baru adalah untuk memicu agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi di tahun 2019 ini.

Mengawali 2019, menjadi momen yang tepat untuk kita membuat suatu resolusi atau perubahan. Perubahan di sini tentu saja diartikan sebagai perubahan yang positif untuk dilakukan dalam setahun kedepan. Namun, tentu saja tak sedikit dari kita yang masih merasa bingung dan membutuhkan inspirasi untuk menentukan ide resolusi terbaik yang sekiranya sederhana namun tetap membantu Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Menjadi pribadi yang lebih baik di tahun baru bisa dimulai dari hal-hal kecil yang sederhana. Berikut ide resolusi menurut Traveloka:

1.  Meningkatkan Aktivitas Kembali ke Alam

Kembali ke alam, menghirup udara segar, memandangi pantai atau berjalan-jalan di taman membawa manfaat yang sangat besar dibanding menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer/gadget, atau berjalan-jalan mengitari mal dan mengurung diri di rumah.

Dengan lebih meningkatkan aktivitas kembali ke alam akan memberikan banyak manfaat untuk Anda khususnya kesehatan jiwa, kemudian manfaat lainnya adalah aktivitas di luar ruangan akan mengurangi kecemasan, dan efek negatif pada pikiran Anda, sehingga menjadi lebih positif dan bahagia. Dengan pikiran yang positif dan bahagia tentunya akan membuat kita lebih produktif dalam melakukan pekerjaan kita sehari-hari.

Melakukan aktivitas kembali ke alam dapat Anda lakukan dengan melakukan staycation atau liburan ke suatu destinasi alam. Anda dapat mencari inspirasi destinasi alam yang menarik seperti Pulau Derawan, Bangka Belitung , Bromo Tengger Semeru, dan masih banyak destinasi alam menarik lainnya hanya dengan sentuhan jari.

2.  Perbanyak Waktu bersama Orang Tercinta

Padatnya aktivitas dan pekerjaan membuat kita hanyut dalam kesibukan sendiri dan tanpa sadar sering kali kita jarang meluangkan waktu untuk orang terdekat kita. Meluangkan waktu untuk orang terkasih menunjukkan kita mensyukuri atas keberadaannya dalam hidup kita.

Kegiatan sederhana yang dapat dilakukan untuk mempererat hubungan dengan orang-orang terdekat berikut tentunya dapat menjadi pilihan Anda, yaitu salah satunya adalah melakukan makan siang atau makan malam bersama di restoran terbaik. Anda tidak perlu repot-repot  menentukan pilihan restoran yang diinginkan.

Tak hanya makan bersama, Anda juga dapat mulai merencanakan liburan atau sekadar staycation bersama keluarga atau kerabat terdekat setiap akhir pekan menjadi suatu pilihan yang menarik.

3.  Memperluas Relasi

Manfaat dari membangun dan merawat relasi atau bisa disebut networking sudah kita sadari. Rajin dan piawai dalam membangun relasi akan membangun akses, berpeluang untuk mendapatkan dukungan, membuka peluang bisnis, kemudian mendapatkan informasi atau ilmu terkini, atau bisa juga dapat berkesempatan berpromosi tentang bisnis kita, serta berjibun manfaat lainnya. Maka dari itu, meningkatkan relasi dapat dimasukkan ke dalam daftar resolusi di tahun baru ini.

Mungkin beberapa dari Anda masih ada yang bingung bagaimana cara meningkatkan relasi, salah satu caranya adalah mengikuti kegiatan sosial yang sekiranya sesuai dengan interest Anda, seperti mendaftarkan diri sebagai volunteer sebuah acara atau bisa juga dengan mengikuti seminar atau workshop yang dapat membuat Anda menemukan rekan baru yang memiliki minat yang sama dengan Anda.

Cara lain yang mungkin dapat dilakukan tanpa jalur formal yang seperti disebutkan sebelumnya adalah pergi berlibur. Dengan pergi berlibur Anda pasti bertemu dengan orang baru dan hal ini dapat dijadikan peluang Anda untuk membangun relasi dengan orang baru.

4.  Memulai Hidup Sehat

Bukan hanya tentang kehidupan yang lebih baik saja, tetapi kesehatan juga harus menjadi hal yang perlu kita perhatikan dan tingkatkan di tahun yang baru ini. Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Kesibukan kita setiap harinya seringkali membuat kita selalu menganggap tak memiliki waktu untuk memperhatikan kesehatan kita. Rajin dalam berolahraga adalah impian semua orang, terlepas dari kesibukan masing-masing mereka, bahwa sebenarnya banyak yang ingin lebih rajin dalam berolahraga namun selalu merasa tidak dapat menyempatkan waktu.

Selain itu, bentuk memulai hidup sehat tidak hanya berolahraga namun dapat dimulai dengan memakan makanan sehat. Jika Anda yang ingin memulai hidup sehat Anda dengan rajin berolahraga, Anda tidak perlu khawatir tidak memiliki waktu untuk memulainya dikarenakan tak ingin menghabiskan waktu mencari tempat berolahraga yang sesuai dengan keinginan.

5.  Menabung

Menabung merupakan resolusi nyata, agar hidup kalian lebih terencana di tahun 2019. Setelah menentukan resolusi di tahun 2019 seperti yang telah disebutkan sebelumnya di atas, ini semua akan dapat terwujud bukan hanya dari adanya niat namun adanya persiapan materi untuk mewujudkannya.

Dengan menabung, hasil tabungan yang telah Anda sisihkan selama 1 tahun tak terasa akan membantu mewujudkan resolusi yang sudah Anda tentukan di tahun 2019. Tak hanya untuk mewujudkan resolusi di tahun baru namun dapat menjadi bekal Anda pula untuk di masa depan.

Nah, dari seluruh ide resolusi 2019 yang telah diberikan, resolusi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Yang jelas, apapun resolusi Anda di tahun 2019 tentunya akan membawa Anda menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Satu hal yang harus selalu kita ingat bahwa suatu proses yang dijalani dengan sungguh-sungguh tidak akan pernah mengkhianati hasil.