Ini Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Hamil

Foto ilustrasi: Wanita hamil (themirror)
03 Januari 2019 16:33 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Kaki kram biasa terjadi saat usia kehamilan sudah mencapai trimester kedua. Selain membuat ibu jadi mudah lelah, kaki kram juga dapat mengurangi kualitas tidur.

Salah satu penyebab kaki kram adalah kurangnya kalsium, magnesium, dan kalium menjadi penyebab kram otot. Selain itu, besarnya perut saat hamil juga mempengaruhi kram pada kaki saat hamil.

Dikutip dari liputan6.com, belum lama ini, ada beberapa cara untuk mengatasi kaki kram saat hamil ini antara lain:

- Saat kaki mulai kram , cobalah untuk meluruskan kaki perlahan-lahan. Cara ini dapat membantu melancarkan peredaran darah.

- Mengompres bagian kaki yang kram dengan air hangat, atau botol hangat.

- Anda juga dapat memijat lembut dan melakukan rileksasi dengan melenturkan telapak kaki ke arah dalam dan luar. Untuk melancarkan peredaran darah, Anda dapat berjalan perlahan.

- Konsumsi pisang

Agar terhindar dari masalah kram kaki saat hamil, sering-seringlah mengonsumsi pisang. Pisang mengandung mineral kalium yang menurut Mayo Clinic, dapat mengurangi gejala kram otot.

Selain tips mengatasi kaki kram tersebut, ibu hamil juga dapat melakukan tindakan pencegahan menghindari kaki kram saat hamil. Pastikan Anda tidak terlalu lelah dan coba untuk tidur dengan posisi miring ke kiri yang diyakini dapat memperlancar peredaran darah dari dan ke kaki.