Telan Permen Karet Sumbar Pencernaan, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi mengunyah permen karet (Pictagram)
04 Januari 2019 23:39 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Selama ini, banyak orang beranggapan menelan permen karet berbahaya bagi tubuh. Bahkan, ada pula yang berpikir permen karet yang tertelan tetap menempel di lambung dalam jangka waktu lama. Apakah Anda pernah memikirkan hal tersebut?

Tenang saja, semua anggapan menyeramkan itu hanya mitos belaka. Sejumlah dokter menjelaskan hanya ada sedikit kasus penyumbatan saluran pencernaan akibat permen karet yang tertelan. Selebihnya, permen karet yang tertelan bakal membuat perut mulas.

Dihimpun dari Daily Mail, Jumat (4/1/2019), permen karet terbuat dari gum base, pemanis, pengawet, dan perasa. Kandungan gum base alias karet dasar inilah yang membuatnya sulit dicerna tubuh dibandingkan makanan lainnya. Hal paling berbahaya jika permen karet tertelan adalah penyumbatan organ pencernaan.

Namun, sebenarnya permen karet yang tertelan tidak akan menyumbat saluran cerna seperti yang dikhawatirkan banyak orang. Permen karet bakal dicerna usus dan keluar bersama feses. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika permen karet tidak sengaja tertelan. Lantas, apa yang harus dilakukan jika tidak sengaja menelan permen karet?

Jangan panik, Anda hanya perlu minum air putih agar permen karet yang tertelan segera dicerna tubuh. Air dapat meluruhkan permen karet yang mungkin menempel di organ tubuh. Anda juga bisa mempercepat proses pencernaan dengan mengonsumsi makanan berat, sayur, maupun buah.