Minum Kopi Bikin Mulas? Ini Sebabnya

Ilustrasi kopi (Healthline)
05 Januari 2019 02:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Minum kopi merupakan salah satu kebiasaan banyak orang. Namun, terkadang ada orang yang merasa tidak nyaman dengan lambungnya seusai minum kopi. Ada sebagian orang yang merasa ingin buang air besar setelah minum kopi. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Tahukah Anda apa penyebab perut bergejolak sehingga mendorong seseorang buang air besar setelah minum kopi? Dikutip dari Live Science, Jumat (4/1/2019), hasrat ingin buang air besar setelah minum kopi bisa dijelaskan secara ilmiah. Sejumlah hasil penelitian menyebut kopi memang memicu keinginan buang air besar.

Sifat asam pada kopi berpengaruh pada kondisi lambung. Kopi mengandung clorogenic acid yang meningkatkan level asam lambung. Tingkat keasaman di perut membantu mengeluarkan kotoran lebih cepat. Itulah sebabnya banyak orang yang ingin segera buang air besar setelah minum kopi.

Kopi juga mendorong munculnya reaksi gastrocolonic beberapa menit seusai dikonsumsi. Kopi membantu pelepasan gastrin, hormon yang diproduksi perut dan berguna untuk meningkatkan aktivitas usus besar. Gastrin berfungsi memicu usus besar mengolah makanan lebih cepat dengan gerak perostalsis.

Perostalsis merupakan gerak relaksasi dan kontraksi otot untuk mendorong kotoran lebih cepat menuju ke tempat pembuangan akhir. Jadi, wajar saja jika ada orang yang merasa mulas dan ingin buang air besar setelah minum kopi.