Bahan Alami untuk Atasi Asam Urat

Foto ilustrasi: Jahe (dok)
05 Januari 2019 23:21 WIB Newswire Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO-Penyakit asam urat tidak hanya menyerang orang tua, generasi milenial pun bisa terkena. Gejalanya ditandai dengan peningkatan kadar asam dalam darah lalu mengkristal dan akhirnya menimbulkan peradangan di area tubuh tertentu.

Seperti halnya penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup lainnya, kebiasaan makan tidak sehat dan gaya hidup tidak aktif menjadi biang keladi munculnya asam urat. Agar tidak berkelanjutan, berikut beberapa cara alami untuk mengobati penyakit asam urat seperti dikutip dari liputan6.com, belum lama ini.

Ceri
Sifat antiinflamasi yang ada di dalam ceri untuk mengobati asam urat telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Ceri juga mengandung allopurinol yang bertanggung jawab untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.
Tips: makan sekitar 15 buah-20 buah ceri setiap hari atau minum segelas jus ceri untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Cuka apel
Cuka apel juga menjadi obat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang biasa dialami penderita asam urat. Sebabnya, cuka apel bersifat antiinflamasi.
Tips: Minum 1 sendok makan cuka apel, madu, dan air hangat setiap pagi untuk mengobati asam urat.

Jahe
Jahe mengandung berbagai senyawa anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan yang dialami penderita asam urat. Jahe juga bersifat analgesik.
Tips: Minum air rebusan jahe alami tiap pagi untuk mengobati asam urat.

Pisang
Pisang mengandung potasium yang membantu mengubah kristal asam urat jadi cair sehingga bisa keluar dari dalam tubuh dengan mudah.
Tips: Konsumsi setidaknya 2 buah pisang per hari untuk mengobati nyeri.

Lemon
Vitamin C adalah zat antioksidan kuat yang bantu menetralisir kelebihan kadar asam urat. Salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin C terbaik adalah lemon.
Tips: Peras setengah buah lemon dan campur dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada penderita asam urat. (JIBI)